Saturday 12 April 2014

Pengertian Laporan Keuangan dan Analisis Laporan Keuangan

A.PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN

1.Defenisi laporan keuangan berdasrkan literatur dalam negeri:

Laporan Keuangan adalah Satu set dokumen yang menjabarkan informasi kuantitatif mengenai posisi keuangan perusahaan,kinerja keuangan perusahaan dan informasi terkait mengenai arus kas masuk dan kas keluar perusahaan yang terdiri dari beberapa unsur.
Diantaranya:

1.      Laporan Laba Rugi : adalah laporan keuangan yang menjelaskan kinerja keuangan perusahaan (Apakah perusahaan menghasilkan keuntungan atau merugi).
2.      Neraca : adalah laporan keuangan yang menjelaskan posisi keuangan perusahaan pada saat itu (Apa yang dimiliki perusahan, besar asset, klaim kredit dan pemegang saham).
3.      Laporan Arus Kas : adalah laporan keuangan yang menjelaskan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan (Kemana perginya uang perusahaan dan dari mana datangnya uang perusahaan, digunakaan untuk apa uang perusahan, dll )
4.      Laporan perubahan ekuitas:Adalah Laporan perubahan modal salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan bertambahnya atau berkurangnya modal suatu perusahaan akibat dari laba atau rugi yang diterima oleh perusahaan tersebut dalam satu periode akuntansi.
5.      CALK adalah catatan atas laporan keuangan
2.Defenisi laporan keuangan berdasarkan literatur luar negeri:

Pengertian laporan keuangan menurut Baridwan(1992:17)laporan keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama dua tahun buku yang bersangkutan.Menurut Sundjaja dan Barlian(2001:47)laporan keuangan adalah suatu laporan yang menggambarkan hasil dari proses akuntansi yang digunakan sebagai alat komunikasi untuk pihak-pihak yang berkepentingan dengan data keuangan atau aktivitas perusahaan.
            Sedangkan definisi laporan keuangan menurut Munawir(1991:2)laporan keuangan pada dasarnya adalah hasil dari proses akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengkomunikasikan data keuangan atau aktivitas suatu perusahaan.
            Dapat disimpulkan laporan keuangan adalah laporan akuntansi utama yang mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan,sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

3.Pengertian laporan keuangan menurut Standar Akuntansi Keuangan(SAK):
 Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan.Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi neraca,laporan perubahan posisi keuangan (yang dapat disajikan dalam berbagai cara seperti misal,sebagai laporan arus kas,atau laporan arus dana),catatan juga termasuk skedul dan informasi tambahan yang berkaitan dengan laporan tersebut,misal informasi keuangan segmen industri dan geografis serta pengungkapan pengaruh perubahan harga.

B.PENGERTIAN ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

1.Pengertian Analisa Laporan Keuangan berdasarkan literatur dalam negeri
Analisa laporan keuangan merupakan proses yang penuh pertimbangan dalam rangka membantu mengevalusi posisi keuangan dan hasil operasi perusahaan pada masa sekarang dan masa lalu,dengan tujuan untuk menentukan estimasi dan prediksi yang paling mungkin mengenai kondisi dan kinerja perusahaan pada masa mendatang.Analisa laporan keuangan sebenarnya banyak sekali namun pada penelitian kali ini penulis menggunakan analisa rasio keuangan karena analisa ini lebih sering digunakan dan lebih sederhana.
Analisa rasio keuangan adalah perbandingan antara dua/kelompok data laporan keuangan dalam satu periode tertentu,data tersebut bisa antar data dari neraca dan data laporan laba rugi.

2.Pengertian analisis Laporan Keuangan Berdasarkan literatur luar negeri

a)      Analisa Laporan Keuangan terdiri dari dua kata Analisa dan Laporan Keuangan. Untuk menjelaskan pengertian kata ini maka kita dapat menjelaskannya dari arti masing-masing kata. Kata analisa adalah memecahkan atau menguraikan sesuatu unit menjadi berbagai unit terkecil.Sedangkan laporan keuangan adalah Neraca, Laba/Rugi, dan Arus Kas (Dana).Kalau dua pengertian ini digabungkan maka analisa laporan keuangan berarti:
Menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain baik antara data kuantitatif maupun data nonkuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting dalam proses menghasilkan keputusan yang tepat.
b)      Pengertian analisis laporan keuangan(financial statement analysis)menurut,adalah hubungan antara suatu angka dalam laporan keuangan dengan angka lain yang mempunyai makna atau dapat menjelaskan arah  perubahan(trend)suatu fenomena.Menganalisis laporan keuangan, berarti melakukan suatu proses untuk membedah laporan keuangan ke dalam unsur-unsurnya,menelaah masing-masing unsur tersebut,dan menelaah hubungan antara unsur-unsur tersebut dengan tujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman yang baik dan tepat atas laporan keuangan tersebut.
c)      Analisis laporan keuangan adalah proses menghakimi yang bertujuan untuk mengevaluasi posisi keuangan saat ini dan masa lalu dan hasil operasi dari suatu perusahaan dengan tujuan utama untuk menentukan estimasi terbaik dan prediksi tentang kondisi di masa depan dan kinerja.

3.pengertian analisis laporan keuangan menurut SAK:
Analisis Laporan Keuangan adalah analisis terhadap neraca dan perhitungan rugi laba serta segala keterangan-keterangan yang dimuat dalam lampiran-lampiran nya untuk mengetahui gambaran tentang posisi keuangan dan perkembangan usaha perusahaan yang bersangkutan.




SUMBER:


0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda...