Sunday 23 March 2014

Management Control System Case Study 9-3 Riverview

ANALISIS KASUS
Montvale Corporation adalah perusahaan nirlaba yang mengawasi beberapa komunitas continuing care retirement comunities (CCRC), dan yang terbaru adalah Riverview. Riverview terdiri dari 199 apartemen yang kontruksinya dimulai dari tahun 1990. Pada bulan April 1994, tingkat hunian Riverview mencapai 99%.
Kebijakan Montvale adalah bahwa iuran tersebut harus adil baik, bagi penghuni maupun organisasi. Hal ini berarti bahwa iuran setahun sebaiknya dapat menutupi biaya yang terkait dengan hunian di tahun itu, plus sejumlah kecil penyisihan untuk menyediakan modal kerja dan kontinjensi. Johnson, wakil presiden keuangan perusahaan, tidak mengetahui cara yang logis untuk membagi total pendapatan yang diperlukan dalam suatu tahun menjadi uang masuk dan uang bulanan.
Pada bulan April saat itu, Johnson bertemu dengan Haeney, administrator Riverview dan Mills, kontroler Riverview. Pertemuan itu membahas tentang suatu tinjauan atas kinerja keuangan tahun berjalan. Diskusi tersebut kemudian fokus pada rencana keuangan strategis  Montvale. Mills mengajukan usulan, yaitu: (1) format yang berbeda dan (2) perlakuan berbeda atas aktiva tetap.
Diskusi dari usulan tersebut, Johnson mengemukakan bahwa usulan untuk menghilangkan penyusutan tidak akan konsisten dengan prinsip akuntansi yang berterima umum. Johnson mengatakan bahwa dewan audit Montvale tidak terlalu menyukai praktik akuntansi internal yang tidak konsisten dengan laporan yang diterbitkan.
Dengan penyusutan konvensional, penghuni harus membayar bagian mereka atas biaya aktual dari aktiva tetap yang mereka gunakan tiap tahunnya. Dalam diskusi ini, masalah pembangunan lapangan tenis juga diangkat.

PERTANYAAN
1.      Apa yang sebaiknya Johnson lakukan?
2.      Apa implikasi dari kesimpulan anda terhadap konsep “keadilan” dalam memperoleh harga dan bayaran pada organisasi nirlaba?
3.      Anjurkan suatu cara untuk memutuskan bagaimana proporsi total pendapatan dari penghuni sebaiknya dibagi antara uang masuk dan uang bulanan.
4.      Siapa yang harus membayar untuk lapangan tenis jika dibangun?

JAWABAN
1.      Johnson sebaiknya menolak usulan tersebut dengan asumsi bahwa untuk penyusutan tidak termasuk Tanah. Sehingga penyusutan yang digunakan hanya penyusutan untuk pengembangan dan aktiva lainnya yang dapat disusutkan. Selain itu dewan audit Montvale juga tidak menyukai praktik akuntansi internal jika tidak konsisten dengan laporan yang diterbitkan. Padahal perlu dukungan dari dewan audit Montvale untuk keputusan mendukung usulan tersebut. Dan jika tidak menggunakan penyusutan maka tidak sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima umum.
Pembangunan lapangan tenis yang diinginkan oleh 40 pasangan dirasa kurang tepat jika dilaksanakan hal ini karena hanya sekitar 20% dari penghuni apartment yang menginginkannya. 20% ini dirasa kurang material jika digunakan sebagai acuan untuk pembangunan lapangan tenis.
2.      Keadilan itu tidak memandang kepentingan sepihak melainkan mencangkup seluruh maupun sebagian besar kepentingan. Yang dimaksud dengan mencangkup sebagian besar yaitu dibutuhkan lebih dari 50% dari pemilik kepentingan yang sama untuk digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan maupun pengaplikasian keputusan. Selain itu untuk biaya yang dikeluarkan tetap akan didebankan untuk semua pihak.
3.      Dengan menaikkan uang masuk penghuni dan menaikkan penurunan biaya pengembalian akan tetapi tidak mengubah iuran bulanan. Hal ini karena uang masuk nantinya akan dikembalikan jika penghuni meninggal maupun pindah sehingga penghuni tidak terlalu dirugikan.Sehingga proporsi pendapatan  dari penghuni akan lebih besar dari uang muka, sedangkan iuran bulanan tetap seperti yang telah dianggarkan.

4.      Jika lapangan tenis dibangun maka semua penghuni ikut menanggung biaya pembangunan. Hal ini karena semua pihak dapat menikmati lapangan tersebut (tergantung kemauan masing-masing pihak untuk menggunakan fasilitas tersebut). Untuk pendanaannya bisa didapat dari obligasi dan dicicil melalui uang masuk dan iuran bulanan yang telah disesuaikan. Atau bisa juga dengan menaikkan penurunan biaya pengembalian yang sebesar 2% menjadi 4%.

**Jawaban ini merupakan pendapat individu. Apabila ada kesalahan bukan merupakan tanggung jawab penulis.
by www.pradipha.com

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda...