Wednesday 19 March 2014

Management Control System Case Study 2 Cisco

Pertanyaan
  1. Deskripsikan penggunaan internet oleh Cisco untuk membangun keunggulan persaingannya.
  2. Bagaimana sebuah perusahaan besar yang mapan (seperi General Motors) menggunakan Internet sbagai senjata strategis? Apakah pelajaran Cisco dapat digeneralisasikan?


Jawab
  1. Cisco sangat tepat menggunakan internet untuk membangun keunggulan persaingannya dilihat dari beberapa aspek. Dari aspek penjualan, melalui webnya produk Cisco dapat dikonfigurasikan sendiri oleh pelanggannya sesuai dengan keinginan pelanggan sehingga hampir semua pesanan telah memiliki spesifikasi yang benar. Hal tersebut berimbas juga pada ongkos penjualan yang semakin sedikit. Pemasok dan pabrik perakitan akan dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan software pengisian ulang dinamis berbasis web yang ada. Adanya dukungan teknis pascapenjualan yang berbasis web, hamper semua kebutuhan dukungan teknik pelanggan dapat dipenuhi secara online dan lebih cepat.  Selain itu pelanggan dapat berbagi pengalaman penggunaan produk dari Cisco baik dengan perusahaan maupun dengan pelanggan lain.Sistem perekrutan  karyawan juga dilakukan melalui web sehingga calon karyawan tidak perlu bersusah payah harus datang ke perusahaan untuk mendapatkan informasi penerimaan karyawan. Serta system elearning yang diterapkan Cisco dapat mempermudah dalam mendidik dan memberi pelatihan baik kepada karyawan, channel partner dan pelanggan. Selain itu karyawan juga dapat mengakses kebijakan korporat, rincian paket tunjangan, jual beli saham, rencana penjualan dan prosedur penyerahan ongkos melalui web.Bagian R&D juga mendapat kemudahan dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan melalui web. Dengan adanya web ini R&D dapat dengan meduh menerima informasi untuk pengembangan produk Cisco dan dapat dengan mudah mengetahui apa yang pelanggan sebenarnya inginkan dari produk Cisco ini, dan juga pernbaikan perbaikan produk agar lebih sempurna.Secara keseluruhan Cisco telah menerapkan web ini pada semua aspek kegiatan perusahaan. Sehingga Cisco mampu mendapatkan data finansial maupun operasional dengan lebih cepat. Dengan hal ini keluhan pelanggan dapat dikonfirmasi dengan lebih cepat dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan juga tentunya laba perusahaan.
  2. Perusahaan besar yang mapan (seperti General Motors) telah menggunakan internet dalam bagian dari setiap kegiatan perusaahaan baik dari segi finansial maupun non finansial. Mereka telah menggunakan internet sebagai alat mengenalkan produk mereka kepada pelanggan serta melakukan penjualan produk mereka menggunakan internet. Selain itu data data berupa laporan keuangan dan data operasional (seperti : lokasi dealer / agen penjualan, service center), bahkan informasi tentang kebijakan perusahaan dan petinggi perusahaan dapat diketahui melalu web (internet). Informasi recruitmen karyawan peruahaan juga telah dicantumkan diinternet sehingga seriap orang dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan lebih cepat dan mudah.Ya. Pelajaran Cisco dapat digeneralisasikan. Mungkin untuk beberapa tahun yang lalu perusahaan – perusahaan belum menerapkan web seperti yang Cisco terapkan. Tapi di tahun belakangan ini hamper semua perusahaan telah menerapkan web ( mirip seperti yang Cisco terapkan) pada setiap kegiatan perusahaan. Bahkan mereka telah berlomba – lompa membuat tampilan web mereka lebih baik dan lebih mudah diakses serta tidak membuat orang yang ingin membukanya kebingungan. Selain itu hampir semua perusahaan menyediakan halaman web dimana para pengakses dapat berhubungan langansung dengan perusahaan (costumer service). Dan tentunya perkembangan penggunaan web oleh perusahaan semakin berkembang dengan pesatnya
**Jawaban ini merupakan pendapat individu. Apabila ada kesalahan bukan merupakan tanggung jawab penulis.
by www.pradipha.com

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda...