1.
SEJARAH
PENDIDIKAN
SEJARAH PENDIDIKAN DIYUNANI
Manusia berada dan diciptakan dalam sejarah.Di satu sisi, manusia
menentukan perjalanan sejarah tetapi di sini lain, dalam arti khusus, manusia
juga diciptakan oleh sejarah. Manusia tidak bisa berada di luar dari sejarah,
sebaliknya, ia selalu berada bersama dengan perjalanan sejarah. Selain itu, ia
juga menemukan dirinya sebagai “yang bereksistensi” dalam sejarah dan bukan di
luar sejarah. Agar perjalanan sejarah dapat bernilai maka, pertama-tama ia
harus membuat dirinya bernilai di dalam dan di hadapan sejarah.
Demi pencapaian tujuan inilah maka banyak orang dalam perjalanan
sejarah telah terlibat dalam memikirkan, bagaimana membuat diri manusia
bernilai, bermoral dan baik sehingga mengakibatkan dunia yang bernilai,
bermoral dan baik.Munculah para ahli filsafat.Pertanyaan tentang filsafat dari
masa ke masa menimbulkan perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat, sampai
menimbulkan muculnya ilmu-ilmu baru; mulai dari teologi dan sampai kepada
teknologi.
Salah satu ilmu yang cukup berkembang yaitu pedagogi atau yang
sering disebut juga dengan edukasi atau pendidikan.Perkembangan ilmu ini juga
sebenarnya telah ada sejak manusia memikirkan tentang dirinya di hadapan
dirinyaa, alam, lingkungan dan bahkan Tuhan.Tetapi secara perlahan, menjadi
suatu ilmu yang berdiri sendiri, otonom.
Secara umum dapat kita kelompokkan perkembangan pedagogi menjadi 5
jaman: jaman kuno, tua (antik), jaman Kekristenan Awal, jaman pertengahan,
jaman moderen dan jaman kontemporer. Di sini kita akan melihat sedikit
perkembangan serta tokoh.tokoh yang telah menyumbangkan pemikiran pedadoginya
kepada dunia pendidikan.
(Dalam tulisan
ini, kita hanya ingin melihat garis besar serta para tokoh pedagogi. Pada
kesempatan lain, kita akan melihat secara rinci, perjalanan pemikiran tentang
pedagogi dalam usaha mendidik manusia pada setiap jaman).
2.
SISTEM
PENDIDIKAN
sistem pendidikan di
Yunani utamanya dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu primer, sekunder dan
tersier, dengan tingkat pasca-sekolah kejuruan menengah memberikan tambahan
pelatihan. Pendidikan dasar dibagi menjadi TK berlangsung satu atau dua tahun,
dan sekolah dasar rentang enam tahun (usia 6 sampai 12). Pendidikan menengah
terdiri dari dua tahap: Gymnasio
(diterjemahkan sebagai Tengah atau SMP), sekolah wajib tiga tahun, setelah itu
siswa dapat melanjutkan Lykeio
(sebuah Sekolah Tinggi yang berorientasi akademis) atau pelatihan kejuruan . Pendidikan
tinggi tersier disediakan oleh Universitas dan
Politeknik , Institut Teknologi
Pendidikan (TEI, 1983 ~ sekarang) dan Akademi yang
terutama diperuntukkan bagi militer dan ulama. Program sarjana biasanya
berlangsung 4 tahun (5 di politeknik dan beberapa sekolah teknik / seni, dan 6
di sekolah kedokteran), pascasarjana
( MSc tingkat) program terakhir dari 1
sampai 2 tahun dan gelar doktor ( PhD tingkat) dari 3 sampai 6 tahun.
Semua sekolah, terlepas dari tingkat, diawasi oleh
Departemen Pendidikan dan Departemen Agama. Kementerian memegang kontrol
terpusat atas sekolah-sekolah negeri, dengan resep kurikulum, pengangkatan staf
dan mengendalikan dana. Sekolah swasta juga jatuh di bawah mandat Departemen,
yang melakukan kontrol pengawasan. Pada tingkat regional, peran pengawasan
Kementerian tersebut dilakukan melalui Direktorat Daerah Pendidikan Dasar dan
Menengah, dan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah beroperasi di Prefektur
setiap. Lembaga tersier adalah nominal otonom, namun Departemen bertanggung
jawab untuk pendanaan mereka, dan distribusi mahasiswa untuk program sarjana.
Saat ini pemerintah Yunani hanya mengakui program gelar yang ditawarkan oleh
negara yang dikelola universitas meskipun ada beberapa perguruan tinggi swasta
dan perguruan tinggi menawarkan program gelar yang divalidasi dan diawasi oleh
Amerika, Inggris dan universitas-universitas Eropa lainnya. Pemerintah Yunani
ditekan untuk mengenali program-program luar negeri.
Semua tingkat pendidikan yang dipenuhi oleh
sekolah-sekolah baik swasta dan publik. Negara yang mengelola sekolah dan
universitas tidak memungut biaya pendidikan dan buku teks yang disediakan
gratis untuk semua siswa. Ada juga sejumlah sekolah swasta tutor, perguruan
tinggi dan universitas operasi samping pendidikan negara dan memberikan kuliah
tambahan. Sekolah-sekolah paralel ini ( Yunani:φροντιστήριο,
frontistirio (tunggal)) menyediakan bimbingan bahasa asing, tambahan
pelajaran bagi siswa yang lemah serta kursus persiapan untuk ujian kompetitif( ujian nasional
Panhellenik). Sebagian besar siswa biasanya menghadiri kelas
tersebut (dan ujian) di sekolah saat pengajar di sore dan malam hari di samping
sekolah normal mereka.
Pendidikan Dasar
Sekolah dasar disebut "Dimotiká"
(demotik, yang berarti kota), sebuah istilah sisa-sisa ketika sekolah seperti
itu dijalankan oleh masyarakat lokal. Namanya tetap meskipun telah usang selama
beberapa dekade.Dalam dua tahun pertama murid tidak resmi dalam dinilai, dan
orang tua mendapatkan umpan balik tentang kinerja mereka melalui komunikasi
lisan dengan guru. Grading dimulai pada Tahun 3, dan ujian tertulis
diperkenalkan di Tahun 5. Lulus dari satu tahun ke tahun berikutnya otomatis,
dan murid dengan kinerja yang kurangan diberikan perbaikan les. Tahun disebut
"kelas", dari pertama ke urutan keenam:
- Tahun 1 (Πρώτη δημοτικού): usia 6 sampai 7
- Tahun 2 (Δευτέρα δημοτικού): usia 7 sampai 8
- Tahun 3 (Τρίτη δημοτικού): usia 8 sampai 9
- Tahun 4 (Τετάρτη δημοτικού): usia 9 sampai 10
- Tahun 5 (Πέμπτη δημοτικού): usia 10 sampai 11
- Tahun 6 (Έκτη δημοτικού): usia 11 sampai 12
Pendaftaran ke tingkat berikutnya adalah pendidikan
wajib, Gymnasium, secara otomatis. Sebuah sekolah yang hari normal
dimulai pada 8.15 dan selesai 12,30-16,15 tergantung pada kelas dan sekolah.
Yang terakhir antara 30 dan 80 menit kelas.Tahun ajaran selalu dimulai pada
minggu kedua bulan September dan berakhir pada minggu kedua bulan Juni. Para
siswa memiliki liburan musim panas (3 bulan), liburan Natal (2 minggu) dan
liburan Paskah (2 minggu). Selanjutnya, siswa mengambil empat hari biasanya off
untuk merayakan dua hari libur nasional mereka (28/10 dan 25 / 3).
Dasar mata pelajaran:
- Bahasa Yunani modern (9 jam / minggu)
- Yunani modern Sastra (2 jam / minggu)
- Matematika (5 jam / minggu)
- Studi Lingkungan Hidup (2-4 jam / minggu)
- Pendidikan Jasmani (4 jam / minggu)
- Musik (2 jam / minggu)
- Seni (2 jam / minggu)
- Ilmu Komputer (2 jam / minggu)
- Studi teater (1 jam / minggu)
- Zona Fleksibel (3 jam / minggu)
- Bahasa Inggris (2-4 jam / minggu)
Tambahan Subjek:
- Fisika (2 jam / minggu dan hanya untuk tahun 5 dan 6)
- Geografi (2 jam / minggu dan hanya untuk tahun 5 dan 6)
- Sejarah (2 jam / minggu dan selama bertahun-tahun 3-6)
- Agama (2 jam / minggu dan selama bertahun-tahun 3-6)
- Sosial & Politik Studi (2 jam / minggu dan hanya untuk tahun 5 dan 6)
- Kedua Bahasa Asing (2 jam / minggu dan hanya untuk tahun 5 dan 6)
Sistem grading:
- 1 Tahun: tidak ada nilai
- 2 Tahun: tidak ada nilai
- 3 Tahun: AE
- 4 Tahun: AE
- 5 Tahun: 1-10
- 6 Tahun: 1-10
Pendidikan Menengah
- Γυμνάσιο ( Gimnasium - Tengah / Menengah Sekolah) (wajib belajar)
- Πρώτη Γυμνασίου / 1 kelas, usia 12 sampai 13
- Δευτέρα Γυμνασίου / 2 kelas, usia 13 sampai 14
- Τρίτη Γυμνασίου / 3 kelas, usia 14 sampai 15
Dimulai pada 11 September dan berakhir pada 15-18
Juni. Akhir pelajaran pada minggu kedua sehingga Mei bahwa siswa akan dapat
belajar untuk ujian mereka antara Mei dan Juni. Kelas-kelas mulai dari 8.15 dan
akhir 13,45-14,15 sesuai dengan jenis sekolah. Terakhir dari 30 menit
kelas.untuk 45 menit. dan ada istirahat dari 10 dan 5 menit di antara mereka.Setiap
bulan setiap sekolah wajib memberi kesempatan siswa untuk kegiatan luar kelas
(περίπατος) dan perjalanan pendidikan ke museum atau dll teater Pada akhir
tahun setiap sekolah berkewajiban untuk mengatur perjalanan sekolah 3, satu
untuk siswa dari 2 tahun untuk 3-4 hari, satu untuk para mahasiswa tahun ke-3
selama 3-5 hari dan untuk semua siswa yang berlangsung satu hari.
Sekolah-sekolah biasanya mengatur perjalanan ke pulau-pulau seperti Santorini,
Kreta, Rhodes, Corfu atau bahkan luar negeri di kota-kota Eropa seperti Paris,
London, Barcelona, Lemesos, Valetta, Roma, Milan, Wina, Berlin dll
Ada 6 jenis gimnasium di Yunani:
- Umum Gimnasium (masuk ada dari sekolah dasar otomatis)
- Gimnasium atletik (untuk memasukkan jenis siswa sekolah harus lulus ujian tertentu pada olahraga seperti basket, sepak bola, bola voli, senam, polo, dll renang)
- Musik Gimnasium (untuk memasukkan jenis siswa sekolah harus lulus ujian tertentu pada alat musik)
- Seni Gymnasium
- Eksperimental Gymnasium
- Gereja Gymnasium
Ada mata pelajaran lebih banyak di gimnasium Yunani:
- Bahasa Yunani modern (2 jam / minggu)
- Yunani modern Sastra (2 jam / minggu)
- Bahasa Yunani Kuno (3 jam / minggu)
- Yunani Kuno Sastra (Homer Odyssey-1 Tahun, Homer Iliad-2 Tahun, Euripides Helen-3 Tahun), (2 jam / minggu)
- Matematika (4 jam / minggu)
- Fisika (2 jam / minggu dan hanya untuk tahun 2 dan 3)
- Kimia (1 jam / minggu dan selama bertahun-tahun 2 dan 3)
- Biologi (2 jam / minggu dan selama bertahun-tahun 1 dan 3)
- Studi Sosial dan Politik (2 jam / minggu dan untuk tahun 3)
- Pendidikan Jasmani (2 jam / minggu)
- Seni (1 jam / minggu)
- Musik (1 jam / minggu)
- Sejarah (2 jam / minggu selama bertahun-tahun 1 & 2 dan 3 jam / minggu untuk tahun 3)
- Agama (2 jam / minggu)
- Ilmu Komputer (1 jam / minggu)
- Teknologi (1 jam / minggu dan selama bertahun-tahun 1 & 2)
- Bahasa Inggris (2 jam / minggu)
- 2 bahasa asing (Jerman, Prancis dan Italia 2 jam / minggu)
- Sekolah Kejuruan Bimbingan (1 jam / minggu)
- Ekonomi (1 jam / minggu untuk tahun 1 dan 2 jam / minggu untuk tahun 2)
- Geografi (2 jam / minggu)
- Γενικό Λύκειο ( Umum Lyceum - Sekolah Tinggi)
- Πρώτη Λυκείου / 1 kelas, usia 15 sampai 16
Pada 12 September 2011 sistem baru diperkenalkan
kepada para siswa baru kelas 1 Lyceum Umum.
Subyek:
- Bahasa Yunani (Yunani Kuno, Sastra Yunani Modern dan Komposisi-9 jam / minggu)
- Agama (2 jam / minggu)
- Sejarah Kuno (2 jam / minggu)
- Matematika (5 jam / minggu)
- Bahasa Inggris (3 jam / minggu)
- Ilmu Pengetahuan Fisika (Fisika, Kimia, Biologi-6 jam / minggu)
- PE (3 jam / minggu)
- Proyek (3 jam / minggu)
·
- Δευτέρα Λυκείου / 2 kelas, usia 16 sampai 17
- Τρίτη Λυκείου / 3 kelas, usia 17 sampai 18
- Επαγγελματικό Λύκειο / ΕΠΑΛ (Lyceum Kejuruan)
Pendidikan Tinggi di Yunani
- Ανώτατα Εκπαιδευτικά Ιδρύματα - Α. EI (Pendidikan Tinggi Institut)
Lembaga Pendidikan Tinggi yang terdiri dari dua sektor
paralel: Universitas dan Institut Teknologi Pendidikan Tinggi (TEI). Selain
itu, perguruan tinggi bekerja sama dengan universitas asing dapat menawarkan
program sarjana dan pascasarjana studi luar negeri Inggris di Yunani, di bawah
pendaftaran yang tepat dengan Departemen Pendidikan Yunani. Biasanya, program
ini disediakan sebagai berikut perjanjian waralaba atau validasi dengan
universitas-universitas yang didirikan di negara-negara Uni Eropa, terutama di
Inggris, yang mengarah ke derajat yang diberikan langsung oleh universitas-universitas
tersebut.
Pemilihan Sekolah
Yunani adalah tempat kelahiran demokrasi jadi biasa
bahwa setiap Yunani untuk membiasakan penggunaan demokrasi sejak usia dini.
Jadi dari tahun kelima dari sekolah dasar sampai tahun ketiga pemilihan Lyceum
diadakan pemilian.
1.Pemilu di sekolah dasar
Diadakan setiap bulan September, semua siswa
diwajibkan untuk memilih 2 presidiums untuk setiap kelas yang
"aturan" sampai Januari saat yang lain berhasil pertama. Peran ini
adalah untuk bersolek presidiums ruang-ruang kelas untuk liburan nasional dan
untuk Natal.Selanjutnya mereka mentransfer keluhan setiap siswa untuk pihak
sekolah.
Ada 4 posisi:
- Presiden
- Wakil Presiden
- Sekretaris Jenderal
- Bendahara
2.Pemilu di gimnasium dan Lyceums
Diadakan setiap bulan September dan mereka juga dibagi
dalam 2 bagian.
Pada bagian 1 setiap siswa memilih Presidium nya /
kelasnya.
Presidium Kelas memiliki 5 anggota:
- Presiden
- Sekretaris Jenderal
- Bendahara
- Anggota 1
- Anggota 2
Pada bagian kedua siswa memilih Dewan Sekolah yang
memiliki 15 anggota dan merupakan siswa.Perannya sangat penting di setiap
sekolah karena Dewan Sekolah mengambil keputusan yang signifikan untuk semua
siswa.
Dewan Sekolah memiliki 15 anggota:
- Presiden Sekolah
- Wakil Presiden
- Bendahara
- 12 Anggota lain
3. PERKEMBANGAN PENDIDIKAN
Manusia
berada dan diciptakan dalam sejarah. Di satu sisi, manusia menentukan
perjalanan sejarah tetapi di sini lain, dalam arti khusus, manusia juga
diciptakan oleh sejarah. Manusia tidak bisa berada di luar dari sejarah,
sebaliknya, ia selalu berada bersama dengan perjalanan sejarah. Selain itu, ia
juga menemukan dirinya sebagai “yang bereksistensi” dalam sejarah dan bukan di
luar sejarah. Agar perjalanan sejarah dapat bernilai maka, pertama-tama ia
harus membuat dirinya bernilai di dalam dan di hadapan sejarah.
Demi
pencapaian tujuan inilah maka banyak orang dalam perjalanan sejarah telah
terlibat dalam memikirkan, bagaimana membuat diri manusia bernilai, bermoral
dan baik sehingga mengakibatkan dunia yang bernilai, bermoral dan baik.
Munculah para ahli filsafat. Pertanyaan tentang filsafat dari masa ke masa
menimbulkan perkembangan dan pertumbuhan yang sangat pesat, sampai menimbulkan
muculnya ilmu-ilmu baru; mulai dari teologi dan sampai kepada teknologi.
Salah
satu ilmu yang cukup berkembang yaitu pedagogi atau yang sering disebut juga
dengan edukasi atau pendidikan. Perkembangan ilmu ini juga sebenarnya telah ada
sejak manusia memikirkan tentang dirinya di hadapan dirinyaa, alam, lingkungan
dan bahkan Tuhan. Tetapi secara perlahan, menjadi suatu ilmu yang berdiri
sendiri, otonom.
Secara
umum dapat kita kelompokkan perkembangan pedagogi menjadi 5 jaman: jaman kuno,
tua (antik), jaman Kekristenan Awal, jaman pertengahan, jaman moderen dan jaman
kontemporer. Di sini kita akan melihat sedikit perkembangan serta tokoh.tokoh
yang telah menyumbangkan pemikiran pedadoginya kepada dunia pendidikan.
4.Permasalahan-Permasalahan Pendidikan Di Yunani
Seperti kita ketahui negara Yunani mengalami krisis
perekonomian yang sangat tajam, yang akhirnya menyeret seluruh negara Eropa
yang masuk dalam Euro Uni/EU untuk secara bersama-sama membantu
meringankan beban perekonomian Yunani. Bukan hanya Yunani saja, ternyata
Euro Uni pun harus memberi perhatian kepada Portugal yang juga mengalami hal
yang sama.Ternyata hal ini berdampak pada sektor pendidikan juga.Hal itu di
tunjukan dengan adanya keseretan anggaran untuk pendidikan.Berdampak padameningkat intensitas korupsi nepotisme dan dan naiknya naikkan
biaya pendidikan.
Hal ini mendapat respon dari berbagai
pihak terkhusus pada kalangan mahasiswa.Hal ini di tunjukan drengan maraknya
demo yang di lancarkan.Itu adalah
bentuk dukungan mahasiswa terhadap mogok yang dilakukan para guru selama enam
pekan terakhir. Mereka menuntut kenaikan gaji dan perbaikan sistem pendidikan
serta sarana sekolah.
Oleh : Amrih Setya R , dkk
kalau perkembangan teknologi yunani gimana ya mas
ReplyDeletetedypradnyana.wordpress.com
thank you