Thursday 25 October 2012

SEX DAN OLAHRAGA


BAB I
PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG

            Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.Pepatah ini mungkin sering Anda dengar.Ternyata pepatah ini juga berlaku untuk urusan ranjan. Buktinya, berdasarkan berbagai penelitian, ternyata tingkat kebugaran seseorang memang sangat besar pengaruhnya pada kemauan dan kemampuan seksualnya. Faktor ini bisa mendorong atau meningkatkan dua hal tersebut, sehingga kita harus benar-benar memperhatikan kebugaran tubuh.

            Agar kebugaran tubuh tetap baik, kita harus melakukan latihan-latihan olahraga secra teratur. Menurut penelitian tim ilmuwan dari Amerika Serikat, orang-orang yang kondisi fisiknya baik, lebih dapat menikmati kehidupan seksualnya.

            Pendapat ini memang masuk akal.Meskipun pengaruh psikologis terhadap kegiatan seksual sangat besar, namun kegiatan seksual merupakan aktivitas fisik yang submaksimal.

            Orang pertama kali tertarik pada pasangannya adalah karena bentuk fisiknya.Oleh karena itu, kondisi fisik yang baik sangat penting.Latihan olahraga membuat otot-otot tubuh menjadi kencang, tidak berlebihan lemak, sehingga bentuknya lebih menarik.

            Berbagai penelitian membuktikan, salah satu sebab terganggunya kehidupan seksual, adalah karena terlalu banyaknya lemak di dalam tubuh.Baik pria maupun wanita, mereka yang teralalu gemuk, biasanya kesegaran jasmaninya kurang baik.

            Mereka yang kurang baik kebugarannya, sering merasa sakit pinggang.Baik waktu bersenggama, maupun setelah melakukan kegiatan seksual tersebut. Rasa sakit ini tentunya akan mengganggu, bahkan dapat menghentikan hubungan seks yang sedang berlangsung.

            Bagi mereka yang kebugarannya kurang baik, biasanya kelenturan tubuhnya juga kurang baik.Hal ini mengganggu aktivitas seksual.Ia tidak bisa menikmati dengan baik hubungan intim yang sedang berlangsung, karena posisi-posisi tertentu, ototnya merasa sakit. Bahkan bisa mengalami kejang-kejang. Pada waktu seseorang melakukan hubungan intim, tekanan darah dan denyut jantung akan naik secara cepat. Bagi mereka yang tingkat kebugarannya rendah, kenaikan tekanan darah dan denyut nadi secara cepat dapt membahayakan kesehatannya.Mereka yang tingkat kebugarannya kurang baik, biasanya jantungnya pun kurang kuat.Bila denyut nadinya secara cepat, dapat membahayakan jiwanya.

B.       RUMUSAN MASALAH
1)      Apakah olahraga setara dengan sex?
2)      Olahraga apa yang dapat membantu hubungan sex menjadi lebih baik?
3)      Apakah pengaruh positif olahraga terhadap sex?
4)      Apakah sex efeknya sama dengan olahraga?

C.      TUJUAN
            Tujuan pembuatan makalah ini gune menyelesaikan tugas kesehatan olahraga tentang sex dan olahraga, serta memberikan pengetahuan pada teman-teman mahasiswa dan pembaca tentang menjelaskan apakah olahraga setara dengan sex, olahraga apa yang dapat membantu hubungan sex menjadi lebih baik dan apa manfaat sex dan olahraga.



BAB II
DEFINISI

            Seks merupakan salah satu jalan meraih kebahagiaan pasangan suami istri.Saat berhubungan intim, kebanyakan wanita hanya satu atau dua kali saja merasakan orgasme.Sementara para pria dihadapkan lebih banyak masalah seks seperti tuntutan fungsi organ fital seperti ejakulasi dini ataupun disfungsi ereksi dan lainnya.Artinya betapa rentannya keharmonisan rumah tangga lantaran tidak terpenuhinya kebutuhan biologis yang memuaskan kedua belah pihak, yakni suami dan istri.
Olahraga yang membuat lebih piawai saat berhbungan sex:
1. Push-ups
            Push-ups dapat menguatkan lengan, bahu dan otot perut.Dengan olahraga ini, Anda bisa mendapatkan otot perut yang kencang sehingga penampilan lebih menarik.Tak hanya itu, dengan otot perut yang kencang, untuk pria khususnya, sangat berguna saat melakukan posisi bercinta man on top.
2. Squats
            Saat melakukan squats, banyak otot yang bekerja menghasilkan sejumlah hormon dan pada akhirnya bisa meningkatkan gairah seks. Olahraga ini juga menguatkan otot bokong dan kaki bagian atas sehingga bisa menambah performa saat bercinta.
3. Bench Press
            Melakukan bench press membantu menguatkan otot dada dan lengan.Banyak wanita yang mengagumi pria berdada bidang.Dengan otot dada yang kuat, pria juga tidak mudah lelah saat bercinta dengan pasangannya. Sedangkan untuk wanita, bench press akan membuat payudara terlihat lebih kencang dan berisi. Hal ini tentu akan membuat si dia semakin tertarik pada Anda.
4. Kardio
            Semua jenis olahraga kardio mulai dari berenang, berlari ataupun aerobik dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan memiliki sirkulasi darah yang baik bisa membantu proses timbulnya gairah seks. Olahraga kardio juga membantu Anda melepaskan hormon endorphins di otak, hormon yang membuat rasa bahagia.
5. Kegel
            Kegel merupakan salah satu olahraga yang penting untuk pria dan wanita.Dengan berlatih kegel, Anda bisa merasakan perubahan berarti saat bercinta.Pada pria, dengan berlatih kegel secara reguler membantu mengontrol otot yang biasanya berkontraksi saat ejakulasi.Dengan bisa mengontrol itu, para pria pun bisa membuat ejakulasi lebih lama.
            Senam Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Puboccoccygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Sebagian besar perempuan yang tak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibat kelemahan dan penipisan otot PC. Kegel memang lebih ditujukan untuk wanita, tapi tidak ada salahnya jika pria juga mencobanya. Tujuan utamanya sama yaitu untuk melatih otot PC. Jadi tidak ada perbedaan untuk penggunaannya bagi pria dan wanita.
            Namun sebetulnya latihan ini tidak sesederhana yang diucapkan.Perlu ada pelatihan dengan instruktur khusus yang memang menguasai dasar-dasar fisiologi olahraga dan seksologi.Selain itu ada alat ukur yang pasti untuk mengevaluasi kebenaran gerakan.Meski kelihatan mudah, tak jarang orang merasa sulit melakukannya pada awalnya.
            Selain senam Kegel sangat dianjurkan untuk melatih otot lengan, bahu, lutut, paha, dan bagian tubuh lainnya.Untuk itu dapat dilakukan olahraga senam seperti jogging, renang, atau gerakan-gerakan dengan hentakan rendah.
            Berikut pengaruh positif aktivitas olahraga terhadap kehidupan seksual. Jika secara fisik anda sudah fit, anda akan mendapatkan kenikmatan lebih dalam masalah seksual dan juga secara seksual anda akan lebih aktif. Mereka yang berolahraga secara teratur, pada usia berapapun, cenderung memiliki hasrat yang lebih tinggi, keyakinan diri dan frekuensi seksual yang lebih besar serta kemampuan untuk terangsang dan mencapai orgasme yang lebih tinggi.
            Aerobik (apapun jenisnya) tampaknya betul-betul merupakan pendorong libido. Suatu teori menyatakan bahwa olah raga memicu dilepaskannya endorfin (senyawa kimia yang menyerupai opium, yang dihasilkan oleh otak untuk menciptkan suatu perasaan sehat), yang akan membuat anda lebih terbuka terhadap masalah seksual. Sebaiknya anda mencoba untuk melakukan olah raga selama 30 menit/hari.
            Tubuh yang fit juga akan memperkuat rasa percaya diri dan memperindah bentuk tubuh, yang keduanya merupakan faktor yang penting untuk mempertahankan suatu perilaku positif terhadap seks. Olaharaga dapat memicu system pernapasan yang baik. Sistem pernapasan adalah modal utama jika anda ingin memiliki kehidupan seksual yang menyenangkan.
            Olahraga teratur dapat memicu kesehatan jantung yang terjamin. Ingat kasus kematian mendadak yang melanda banyak lelaki setengah baya ketika melakukan hubungan seksual? Itu karena lelaki setengah baya itu menderita penyakit jantung yang kambuh tiba-tiba karena aktivitas seksual yang menyita energi. Aktivitas olahraga dapat secara tidak langsung menimbulkan efek positif mengatasi stress. Orang yang bebas dari stress dapat lebih prima melakukan hubungan seksual.
            Banyak orang yang menjadikan aktivitas bercinta sebagai bagian dari olahraga untuk membakar kalori. Lalu, apakah bercinta efeknya sama dengan olahraga ?
            Bercinta membuat jantung Anda berdetak keras dan menggunakan begitu banyak kelompok otot yang berbeda.Hal inilah mengapa banyak orang mempertimbangkan kegiatan bercinta untuk sebagai olahraga.
            Tapi, meskipun bisa menjadi 'latihan' yang menyenangkan, tetapi tidak bisa dikatakan sebagai olahraga.Hal itu karena waktu untuk bercinta tidak cukup lama dan teratur seperti latihan olahraga. Latihan yang benar didefinisikan sebagai aktivitas yang membuat detak jantung Anda sampai jumlah tertentu untuk jangka waktu tidak kurang dari dua puluh menit, akan lebih baik bagi hingga tiga puluh menit.
            Kecuali, jika Anda dan pasangan Anda dapat melakukan aktivitas seksual untuk jangka waktu yang lama. Tetapi, seks tidak akan cukup untuk latihan. Terutama, ketika bercinta dilakukan dengan sangat lambat dalam hal kecepatan.
            Memenuhi hasrat seksual bisa dijadikan latihan olahraga tergantung dari seberapa kreatif Anda.Anda dan pasangan harus bersedia dan mampu mempertahankan denyut jantung tetap berdetak stabil dan kencang sampai sekitar tiga puluh menit.Butuh kerjasama dengan pasangan jika Anda memang berniat membakar kalori cukup banyak dengan bercinta.
            Banyak mitos yang menyebutkan bahwa hubungan seksual membakar cukup banyak kalori sehingga setara dengan kegiatan olahraga. Malah ada yang menyebutkan berhubungan seks tiga kali dalam seminggu sama seperti berlari selama 48 menit seminggu.
            Memang benar saat gairah meluap dan terjadi pengerahan energi fisik, hormon adrenalin akan meningkat, demikian juga detak jantung dan tekanan darah.
            Kendati begitu, sebenarnya seks tidak dapat digolongkan dalam aktivitas fisik seperti olahraga.Apalagi detak jantung rata-rata saat berhubungan seks hanya 130 per menit dan tekanan darah sistolik masih dibawah 170.Itu bila hubungan seks dilakukan dengan pasangan yang sah.
            Para peneliti lalu membandingkan antara hubungan intim di rumah dengan seseorang yang melakukan olahraga treadmil. Dalam skala 1-5, dengan 5 merupakan level intensitas paling tinggi, ternyata hubungan seks hanya berada di level 2,7 sementara olahraga di treadmil berada di skala 4,7.
            Rata-rata, pasangan berusia pertengahan berintim-intim dua kali dalam seminggu, dan setiap episodenya berlangsung 15 menit.Jumlah kalori yang dikeluarkan sekitar 50-80 kalori, tergantung intensitas seks yang dilakukan.


BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN
            Bila seseorang melakukan latihan olahraga secara teratur, maka kebugarannya menjadi lebih baik. Selain itu, peradaran darahnya menjadi lebih baik. dan makin baik peredaran darah, makin baik pula saat berhubungan intim.Jadi, dengan latihan olahraga yang teratur dan cukup takarannya. Sehingga, kemauan dan kemampuan seksualnya menjadi lebih baik.


B.       SUMBER

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda...