Monday 23 July 2012

MENJADI SEORANG PENDIDIK


Menjadi seorang pendidik memanglah bukan hal yang mudah. Banyak hal yang harus diketahui dan terus dipelajari agar menjadi pendidik yang baik. Akan tetapi saat ini banyak pendidik yang kurang memahami bagaimana cara mendidik yang benar. Mereka selalu mengacu pada cara mereka mengajar yang belum tentu sesuai dengan anak didik mereka. Mereka menggunakan cara kuno yang hanya mengacu pada kemampuan mereka mengajar tanpa melihat kemauan dan minat anak didiknya. Hal ini yang terkadang membuat seorang anak didik yang tadinya mempunyai bakat malah menjadi seseorang yang nilainya paling rendah. Terus apa yang seharusnya dilakukan para pendidik kita?? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pendidik agar anak didik mereka menjadi lebih baik.

Pertama. Pendekatan secara personal untuk mengetahui bakat, minat, atau hal yang menarik bagi si anak didik. Hal ini dilakukan agar anak didik yang mempunyai minat, bakat atau hal menarik yang sama akan diletakkan ditempat yang sama. Jadi dalam mengajar seorang pendidik lebih mudah dalam mengajarnya dan akan membuat anak didik mereka tertarik dengan apa yang diajarkan. Selain itu dengan pendekatan secara personal seorang pendidik tidak akan dianggap sebagai seorang pendidik melainkan seorang teman yang siap membantu si anak didik. Membantu dalam memecahkan suatu masalah, membantu dalam pikiran dan hal yang lain.
Kedua. Ubah cara mengajar yang hanya bersumber dari para pendidik / guru. Buat si anak didik agar lebih aktif. Baik dengan melakukan kegiatan – kegiatan di kelas maupun luar kelas misalnya belajar diluar dengan memperhatikan keadaan lingkungan sekitar kemudian si anak didik disuruh mempresentasikkannya dikelas sehingga kelas akan terlihat lebih hidup.
Ketiga. Tuntun dan dukung potensi dari si anak didik. Dengan tuntunan atau arahan yang benar si anak didik akan lebih mudah dalam mengambil langkah kedepan misalnya untuk melanjutkan kejenjang lebih tinggi seperti perguruan tinggi. Si anak didik akan lebih mudah dalam menentukan pilihannya.
Keempat. Jangan sungkan untuk menerima saran dari si anak didik. Karena sebagai seorang pendidik apa yang diasampaikan belum tentu benar. Jaman sudah berubah. Banyak perubahan yang mungkin tidak diketahui seorang pendidik akan tetapi diketahui seorang anak didik. Untuk itu saran, komentar maupun kritikan dari seorang anak didik juga penting.

Sekian ulasan dari saya. Apabila ada kata kata yang kurang berkenan saya mohon maaf dan apabila ada yang kurang setuju maupun menambahkan silahkan gunakan kolom komentar. TERIMA KASIH

4 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda...