Sunday 4 November 2012

PERMAINAN JATUH TANGKAP



TUGAS AKTIVITAS LUAR SEKOLAH
JATUH TANGKAP



Disusun oleh:
Edhi Cahyo Rohmadi         (10601241087)





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2010


JATUH TANGKAP
A.  Tujuan
Tujuan permainan ini adalah melatih kekompakan dalam team dan memberikan kepercayaan pada teman satu teamnya sehingga jika kita berada pada kelompok atau lingkungan,  kita akan terbiasa percaya dan kompak dalam segala hal, permainan ini dapat dilakukan dimana saja asalkan tempat tersebut memiliki tempat cukup luas untuk melakukan permainan ini.
B.  Peralatan
Peralatan yang di butuhkan hanya mencari tempat atau alat yang tinggi sekitar 150cm atau bisa menggunakan kursi atau meja yang ukuran tingginya sesuai dengan yang ditentukanyang dapat jadi pijakan orang tersebut.
C.  Jumlah Peserta
Jumlah peserta minimal 7 orang.
D.  Gambar / Formasi
Formasi permainan ini sebagai berikut :

6 orang berada dibawah bagian depan tempat tinggi tersebut atau kursi atau meja dan lain-lainnya yang telah disediakan kelompok tersebut dan 1 orang berada diatas tempat tersebut.
E.  Deskripsi / Langkah Kerja
Setelah alat sudah dipersiapkan,ketujuh orang tersebut memper siapkan posisi masing-masing yang telah disepakatinya,setelah peralatan sudah siap ketujuh orang itu berada pada posisinya masing-masing dan saling berhadapan, misalnya orang B, C dan D berada dibawah bagian depan sebelah kiri dan orang E, F dan G berada dibawah bagian depan sebelah kanan, setelah itu orang A menaiki alat tersebut, sehingga orang A berada diatas alat tersebut membelakangi keenam teman sekelompoknya. Orang B memegang kedua lengan orang E dan sebaliknya orang E memegang kedua lengan orang B, dan orang C memegang kedua lengan orang F dan sebaliknya orang F memegang kedua lengan orang C, Orang D memegang kedua lengan orang G dan sebaliknya orang G memegang kedua lengan orang D. Orang yang dibawah harus saling berhadapan dan berpegangan dengan kuat, karena jika tidak memegang dengan kuat atau bercanda akan berakibat fatal bagi orang A. Setelah orang yang dibawah siap (orang B,C,D,E,F,G) dan orang A yang diatas pun siap, permainan akan dimulai jika orang A yang diatas mengucapkan siap jatuh dan orang yang dibawah (orang B,C,D,E,F,G) mengucapkan siap tangkap. Setelah itu orang A menjatuhkan diri dan orang B,C,D,E,F,G menangkap orang A dan jagan sampai terlepas.

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar anda...