Wednesday, 9 August 2017

Memilih Lokasi usaha

Memilih lokasi bisnis yang tepat untuk kegiatan bisnis adalah sangat menentukan keberhasilan dan kegagalan bisnis buat masa depan. Untuk menetapkan lokasi bisnis ada dua langkah yang perlu ditetapkan yaitu:
  • Menentukan masyarakat yang akan dilayani
  •  Memilih lokasi disekitar masyarakat tersebut

Untuk menentukan lokasi dalam masyarakat tertentu, maka perlu dipertimbangkan bebrapa hal seperti berikut ini :

  • Karakteristik demografis konsumen, yaitu keadaan/struktur penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, tempat tinggal dan sebagainya yang akan berpengaruh terhadap bentuk, mutu dan jumlah barang yang akan diproduksi dan dijual.
  • Kondisi ekonomi setempat
  • Keadaan penduduk dan penghasilan
  • Persaingan
  • Iklim sosial dan perdagangan

Pemillik bisnis kecil yang akan memilih lokasi, harus kental betul dengan barang yang akan dijualnya, agar dapat mempertimbangkan faktor di atas secara cepat.

1. Karakteristik Demografis

Suatu keputusan tentang bisnis akan berhasil apabila pengusaha secara tepat mendefinisikan pasar yang akan dilayani oleh barangnya. Para ahli sosiologi membagi masyarakat atas beberapa kelas sosial. Kelas sosial ini ditentukan oleh tingkatan pendapatan, pekerjaan,dan pendidikan. Perbedaan ini akan menentukan daya beli mereka.
Demikian pula selera dan mode barang yang mereka senangi dipengaruhi oleh faktor tersebut. Jadi pengusaha harus menetapkan tipe konsumen mana yang akan mereka layani. Jika telah diketahui maka masyarakat dapat di evaluasi dengan membedakan karakteristik demografisnya yaitu:
  • Kekuatan daya beli dari pembeli potensial
  • Rumah tempat tinggal apakah milik sendiri atau di sewa, rumah susun,rumah perumnas, gedung gedung mewah.
  • Apa pekerjaan dan dimana mereka bekerja.
  • Kendaraan yang mereka gunakan
  • Usia
  • Status keluarga
  • Kegiatan mereka pada waktu libur

Para pengusahanya harus selalu memperhatikan karakteristik konsumen diatas, karena jika masyarakat berubah, maka cara konsumsi mereka berubah pula.

2. Kondisi Ekonomi

Keadaan ekonomi ini dapat diukur dengan melihat nilai hasil pertanian peternakan, di masyarakat mencerminkan kesempatan kerja, pendapatan dan pertumbuhan penduduk setempat.
Kekuatan daya belli suatu masyarakat, dicerminkan oleh:
  • Jumlah orang yang bekerja dan jenis pekerjaanya
  • Jumlah penerimaan dan rata-rata gaji per keluarga
  • Jumlah dan kecenderungan deposito di Bank
  • Jumlah nilai harta yang ada dirumah masing masing


3. Kecenderungan penghasilan penduduk

Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yang akan kita bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika kita ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi, misalnya di kota-kota besar. Sedangkan bila ingin menawarkan produk dengan harga yang relatif murah, tidak akan jadi masalah jika kita memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang, karena konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan kualitas produk yang dijual

4. Persaingan

Apakah persaingan ini baik atau tidak bagi suatu usaha, ini sangat tergantung kepada kemampuan pengusahanya. Banyak pusat pusat perbelanjaan dibangun di negara kita dengan menempatkan banyak toko-toko baik sejenis maupun tidak, dan mereka sama-sama sukses dalam usahanya. Banyaknya toko berlokasi pada tempat pusat pembelanjaan akan menarik banyak konsumen. Bagi pengusaha yang kreatif, adanya saingan akan menjadi tantangan yang menarik dan  membangkitkan ambisinya untuk mengatasi para pesaingnya.

5. Iklim sosial dan Perdagangan


Dalam memlilih lingkungan masyarakat tertentu untuk mendirikan usaha bisnis, maka pengusaha juga mempertimbangkan, apakah di lingkungan tersebut baik pula dipakai untuk rumah tinggal.  Faktor ini akan sangat menunjang keberhasilan usahanya. Dengan demikian mereka akan menampilkan diri secara lebih luas di masyarakat sekitarnya. Kemudian perlu dipertimbangkan segala fasilitas yang ada di lingkungannya seperti bank,angkutan umum,perusahaan jasa,dan fasilitas listrik,air,telepon,dan sebagainya. Juga perlu dipertimbangkan fasilitas lainya seperti masjid,persekolahan,tempat hiburan dan rumah sakit atau klinik kesehatan juga cukup menunjang keberhasilan bisnis.

Sumber:
x

Alma,Buchari.1993. Pengantar Bisnis,Bandung: CV Alfabeta
Kismoho, Gugup.2001.Bisnis Pengantar, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Michael,Richard.1988.Karir Bisnis.Semarang: Dahara Price

2 comments:

  1. Kami S128Cash selaku Bandar Betting Online Terbesar dan Terpercaya ingin mengajak Anda bergabung bersama kami.
    Hanya disini yang menggunakan sistem Terbaru untuk kenyamanan dan kemudahan bettor dalam melakukan Betting.
    Semua permaina Populer tersedia disini, seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - IDN Poker
    - Sabung Ayam Online
    - Slot Games Online
    - Tembak Ikan Online
    - Klik4D

    PROMO BONUS S128Cash :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda !!
    Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Situs Judi Bola Resmi dan Terpercaya

    ReplyDelete
  2. s page to my favorites. I enjoy reading your posts. Tyvm!
    To the point and well written, I appreciate for the info
    I have been meanshopbymark

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda...