Memilih
lokasi bisnis yang tepat untuk kegiatan bisnis adalah sangat menentukan
keberhasilan dan kegagalan bisnis buat masa depan. Untuk menetapkan lokasi
bisnis ada dua langkah yang perlu ditetapkan yaitu:
- Menentukan masyarakat yang akan dilayani
- Memilih lokasi disekitar masyarakat tersebut
Untuk
menentukan lokasi dalam masyarakat tertentu, maka perlu dipertimbangkan bebrapa
hal seperti berikut ini :
- Karakteristik demografis konsumen, yaitu keadaan/struktur penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, tempat tinggal dan sebagainya yang akan berpengaruh terhadap bentuk, mutu dan jumlah barang yang akan diproduksi dan dijual.
- Kondisi ekonomi setempat
- Keadaan penduduk dan penghasilan
- Persaingan
- Iklim sosial dan perdagangan
Pemillik
bisnis kecil yang akan memilih lokasi, harus kental betul dengan barang yang
akan dijualnya, agar dapat mempertimbangkan faktor di atas secara cepat.
1. Karakteristik
Demografis
Suatu
keputusan tentang bisnis akan berhasil apabila pengusaha secara tepat
mendefinisikan pasar yang akan dilayani oleh barangnya. Para ahli sosiologi
membagi masyarakat atas beberapa kelas sosial. Kelas sosial ini ditentukan oleh
tingkatan pendapatan, pekerjaan,dan pendidikan. Perbedaan ini akan menentukan
daya beli mereka.
Demikian
pula selera dan mode barang yang mereka senangi dipengaruhi oleh faktor
tersebut. Jadi pengusaha harus menetapkan tipe konsumen mana yang akan mereka
layani. Jika telah diketahui maka masyarakat dapat di evaluasi dengan
membedakan karakteristik demografisnya yaitu:
- Kekuatan daya beli dari pembeli potensial
- Rumah tempat tinggal apakah milik sendiri atau di sewa, rumah susun,rumah perumnas, gedung gedung mewah.
- Apa pekerjaan dan dimana mereka bekerja.
- Kendaraan yang mereka gunakan
- Usia
- Status keluarga
- Kegiatan mereka pada waktu libur
Para
pengusahanya harus selalu memperhatikan karakteristik konsumen diatas, karena
jika masyarakat berubah, maka cara konsumsi mereka berubah pula.
2. Kondisi Ekonomi
Keadaan
ekonomi ini dapat diukur dengan melihat nilai hasil pertanian peternakan, di
masyarakat mencerminkan kesempatan kerja, pendapatan dan pertumbuhan penduduk
setempat.
Kekuatan
daya belli suatu masyarakat, dicerminkan oleh:
- Jumlah orang yang bekerja dan jenis pekerjaanya
- Jumlah penerimaan dan rata-rata gaji per keluarga
- Jumlah dan kecenderungan deposito di Bank
- Jumlah nilai harta yang ada dirumah masing masing
3. Kecenderungan penghasilan
penduduk
Besar
pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha
yang akan kita bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan
berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika kita ingin menjalankan usaha
dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya
belinya cukup tinggi, misalnya di kota-kota besar. Sedangkan bila ingin
menawarkan produk dengan harga yang relatif murah, tidak akan jadi masalah jika
kita memilih lokasi usaha yang daya beli masyaratnya kurang, karena konsumen di
daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan
kualitas produk yang dijual
4. Persaingan
Apakah
persaingan ini baik atau tidak bagi suatu usaha, ini sangat tergantung kepada
kemampuan pengusahanya. Banyak pusat pusat perbelanjaan dibangun di negara kita
dengan menempatkan banyak toko-toko baik sejenis maupun tidak, dan mereka
sama-sama sukses dalam usahanya. Banyaknya toko berlokasi pada tempat pusat
pembelanjaan akan menarik banyak konsumen. Bagi pengusaha yang kreatif, adanya
saingan akan menjadi tantangan yang menarik dan
membangkitkan ambisinya untuk mengatasi para pesaingnya.
5. Iklim sosial dan
Perdagangan
Dalam
memlilih lingkungan masyarakat tertentu untuk mendirikan usaha bisnis, maka
pengusaha juga mempertimbangkan, apakah di lingkungan tersebut baik pula
dipakai untuk rumah tinggal. Faktor ini
akan sangat menunjang keberhasilan usahanya. Dengan demikian mereka akan
menampilkan diri secara lebih luas di masyarakat sekitarnya. Kemudian perlu
dipertimbangkan segala fasilitas yang ada di lingkungannya seperti
bank,angkutan umum,perusahaan jasa,dan fasilitas listrik,air,telepon,dan
sebagainya. Juga perlu dipertimbangkan fasilitas lainya seperti
masjid,persekolahan,tempat hiburan dan rumah sakit atau klinik kesehatan juga
cukup menunjang keberhasilan bisnis.
Sumber:
x
x
Alma,Buchari.1993. Pengantar Bisnis,Bandung: CV Alfabeta
Kismoho, Gugup.2001.Bisnis Pengantar, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Michael,Richard.1988.Karir Bisnis.Semarang: Dahara Price
Kami S128Cash selaku Bandar Betting Online Terbesar dan Terpercaya ingin mengajak Anda bergabung bersama kami.
ReplyDeleteHanya disini yang menggunakan sistem Terbaru untuk kenyamanan dan kemudahan bettor dalam melakukan Betting.
Semua permaina Populer tersedia disini, seperti :
- Sportsbook
- Live Casino
- IDN Poker
- Sabung Ayam Online
- Slot Games Online
- Tembak Ikan Online
- Klik4D
PROMO BONUS S128Cash :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Anda !!
Informasi lebih lanjut bisa hubungi kami melalui :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Situs Judi Bola Resmi dan Terpercaya
s page to my favorites. I enjoy reading your posts. Tyvm!
ReplyDeleteTo the point and well written, I appreciate for the info
I have been meanshopbymark