Tuesday 26 March 2013

PERILAKU BIAYA AKTIVITAS



A.    Dasar-Dasar Perilaku Biaya
 Perilaku biaya adalah cara biaya berubah dalam hubungannya dengan perubahan penggunaan aktivitas. Biaya-biaya bereaksi pada perubahan output dengan berbagai macam cara yaitu:
1.        Biaya tetap
Biaya tetap adalah biaya yang dalam jumlah total tetap konstan dalam rentang yang relevan ketika tingkat output aktivitas berubah. Rentang yang relevan adalah rentang output di mana asumsi hubungan biaya/output berlaku.
Contoh: biaya listrik, biaya penyusutan, biaya sewa gedung
2.        Biaya variabel
Biaya variabel adalah biaya yang dalam jumlah total bervariasi secara proporsional atau sebanding dengan perubahan output, Contoh : biaya bahan baku
Total biaya = biaya varibel x jumlah unit

3.        Biaya campuran
Biaya campuran adalah biaya yang memiliki komponen biaya tetap dan biaya variabel sekaligus. Contoh : gaji dan bonus penjualan untuk bagian marketing.
Total biaya = biaya tetap + biaya variabel


Untuk dapat mengklasifikasikan biaya sesuai dengan perilakunya maka diperlukan berbagai pertimbangan atas dasar:
·         Batasan Waktu
Menentukan apakah suatu biaya merupakan biaya tetap atau biaya variable bergantung pada batasan waktu, tetapi batasan ini bersifat subjektif, tergantung dari prespektif tiap-tiap manajer. Dalam ilmu ekonomi dalam jangka panjang semua biaya merupakan biaya variabel sedangkan dalam jangka pendek minimal ada satu biaya tetap.
·         Sumber daya dan ukuran output
Setiap aktivitas memerlukan sumber daya, sumber daya ini kemudian digabungkan dan diolah untuk menghasilkan output. Salah satu bentuk untuk mengukur output adalah frekuensi dilakukannya aktivitas tersebut. Semakin sering frekuensi melakukan aktivitas, semakin besar pula biayanya.
Istilah lain untuk pengukuran output adalah penggerak. Untuk dapat memahami perilaku biaya perlu menentukan aktivitas yang dilakukan dan penggerak yang terkait, yang  berfungsi sebagai pengukur kapasitas atau penggerak aktivitas. Penggerak aktivitas ini dibagi menjadi:
        i.            Penggerak tingkat produksi (tingkat unit) adalah perubahan dalam biaya ketika unit yang diproduksi berubah. Contoh: biaya pemakaian bahan baku.
      ii.             Penggerak tingkat non unit adalah perubahan dalam biaya ketika factor-faktor lain selain unit berubah. Contoh: biaya penyusutan mesin

B.     Aktivitas, Penggunaan Sumber Daya, dan Perilaku Biaya
1.        Sumber daya fleksibel
Sumber daya fleksibel dipasok saat digunakan dan dibutuhkan ; sumber daya ini diperoleh dari pihak luar, dimana istilah perolehan tidak membutuhkan komitmen jangka panjang untuk membeli sejumlah sumber daya tertentu
2.        Sumber Daya yang Terikat
Sumber daya yang terikat adalah sumber daya yang dipasok sebelum penggunaan ; mereka didapat dengan menggunakan kontrak eksklusif atau implicit untuk memperoleh sejumlah tertentu sumber daya, tanpa memandang apakah jumlah sumber daya yang tersedia digunakan secara penuh atau tidak. Pengertian implisitnya adalah bahwa organisasi akan mempertahankan jumlah karyawan meskipun terdapat penurunan kuantitas aktivitas yang digunakan untuk sementara.
3.        Perilaku Biaya Bertahap (Step - Cost)
Biaya bertahap menampilkan tingkat biaya yang konstan untuk rentang output tertentu dan pada titik tertentu naik ke tingkat biaya yang lebih tinggi di mana biaya tersebut tidak berubah untuk rentang output yang sama.
Biaya satu pesanan perubahan adalah suatu kombinasi dari biaya tetap (sumber daya terikat-teknisi) dan biaya variabelnya (sumber daya fleksibel-perlengkapan).Agar dapat menghitung biaya tetap per unit, maka tarif aktifitas tetap perlu dihitung lebih dahulu.Tarif aktifitas tetap adalah total biaya terikat dibagi dengan total kapasitas yang tersedia.
4.        Implikasi – implikasi untuk Pengendalian dan Pengambilan Keputusan
Model berdasarkan aktivitas yang diuraikan diatas dapat memperbaiki pengendalian manajerial dan pengambilan keputusan. Sistem pengendalian operasional mendorong para manajer untuk lebih memperhatikan pengendalian atas penggunaan dan pengeluaran sumber daya. Model penggunaan sumber daya berdasarkan aktivitas juga memungkinkan para manajer untuk menghitung perubahan pasokan dan permintaan suber daya yang disebabkan oleh implementasi keputusan untuk menbuat atau membeli suku cadang, menerima atau menolak pesanan khusus, dan untuk mempertahankan atau menghilangkan lini produk

C.     Metode-Metode untuk Memisahkan Biaya Campuran ke dalam Komponen-Komponen Tetap dan Variabel
Ada tiga metode yang digunakan secara luas untuk memisahkan biaya campuran menjadi komponen tetap dan variabel., yaitu metode tinggi rendah, metode scatterplot, dan metode kuadrat terkecil. Masing-masing metode menggunakan asumsi hubungan linear.
·           Asumsi Linearitas
Definisi biaya variabel mengansumsikan hubungan linear antara biaya aktivitas dan penggerak aktivitas terkait. Jika asumsi hubungan linear digunakan, maka masalah utamanya adalah seberapa baik asumsi ini memperkirakan fungsi biaya yang mendasarinya.
Persamaan untuk garis lurus adalah :
Biaya total = biaya tetap + ( biaya variabel x unit keluaran )

1.        Metode Tinggi Rendah
Metode tinggi rendah adalah suatu metode untuk menentukan persamaan suatu garis lurus dengan terlebih dahulu memilih dua titik (titik tinggi dan rendah) yang akan digunakan untuk menghitung parameter pemintas dan kemiringan. Titik tinggi di definisikan sebagai titik dengan tingkat output atau aktivitas tertinggi. Titik rendah di definisikan sebagai titik dengan tingkat output atau aktivitas terendah.
Persamaan untuk penentuan biaya variabel per unit dan biaya tetap adalah sebagai berikut:
Biaya variabel per unit = perubahan biaya/perubahan keluaran
Biaya variabel per unit = (biaya tertinggi-biaya terendah)/(keluaran tinggi-keluaran      rendah)
Dan
Biaya tetap                   = Jumlah biaya titik tinggi-(biaya variabel per unit x keluaran tinggi)
Atau
Biaya tetap                   = Jumlah biaya titik tinggi-(Biaya variabel per unit x Keluaran tinggi)

2.        Metode Scatterplot
Metode scatterplot adalah suatu metode penentuan persamaan suatu garis dengan memplot data dalam suatu grafik. Langkah pertama dalam menerapkan metode scatterplot adalah memplot titik-titik data sehingga hubungan antara biaya penyetelan dan aktivitas dapat dilihat. Plot ini disebut dengan grafik scatter. Grafik scatter memungkinkan seseorang untuk secara visual menyesuaikan suatu garis dengan titik-titik dalam grafik scatter. Dalam melakukan hal ini, garis yang dipilih seharusnya adalah garis yang paling sesuai dengan titik-titik tersebut. Keunggulan signifikan metode scatterplot adalah memungkinkan kita untuk melihat data secara visual. Sedangkan kelemahannya adalah tidak adanya kriteria objektif untuk memilih garis terbaik.
3.        Metode Kuadrat Terkecil
Metode kuadrat terkecil pertama-tama mengkuadratkan setiap deviasi dan kemudian menjumlahkan deviasi yang dikuadratkan tersebut sebagai ukuran kedekatan keseluruhan. Pengkuadratan deviasi ini menghindari masalah yang disebabkan oleh bauran angka positif dan negatif.  Karena ukuran kedekatan adalah jumlah deviasi kuadrat titik-titik dari garis, maka semakin kecil ukurannya, semakin baik garisnya. Garis yang lebih mendekati titik disbanding garis lainnya disebut garis kesesuaian terbaik, yaitu garis dengan jumlah kuadrat deviasi terkecil.
Penggunaan Program Regresi
Langkah pertama dalam penggunaan computer untuk menghitung koefisien regresi adalah memasukkan data. Selanjutkan jalankan regresi, dalam Excel fungsi regresi terdapat dalam menu “tools”, kemudian pilih “add in” dan tambahkan “data analysis” klik dan pilih “regression”. Ketika layar regression muncul, kita dapat memberitahu letak variabel terikat dan bebas. Terakhir beri perintah pada computer di mana meletakkan output.
                                                                                                    
D.    Keandalan Rumus Biaya
·         R Kuadrat – Koefisien Determinasi
Koefisien determinasi atau R kuadrat adalah persentase variabilitas variabel terikat yang dijelaskan oleh suatu variabel bebas. Persentase ini merupakan ukuran goodness of fit. Semakin tinggi persentase variabilitas biaya yang dijelaskan, semakin bak garisnya. Karena koefisien determinasi tersebut merupakan persentase variabilitas yang dijelaskan, nilainya berkisar antara 0-1. Tidak ada batasan yang jelas untuk koefisien determinasi yang baik dan buruk. Yang pasti, semakin dekat R kuadrat ke-1, semakin baik garisnya.
·         Koefisien Korelasi
Ukuran alternatif untuk goodness of fit adalah koefisien korelasi, yaitu akar dari koefisien determinasi. Karena akar dapat bernilai negatif, nilai koefisien korelasinya dapat berkisar antara -1 dan +1. Jika koefisien korelasinya positif, maka kedua variabelnya bergerak menuju arah yang sama dan terdapat korelasi positif. Korelasi positif sempurna akan menghasilkan nilai 1 untuk koefisien korelasi. Di lain pihak, jika koefisien korelasinya negatif, maka kedua variabel bergerak menuju arah yang dapat diprediksi, tetapi berlawanan arah. Korelasi negatif sempurna akan menghasilakan koefisien korelasi sebesar -1. Nilai koefisien yang mendekati nol mengidentifikasi tidak adanya korelasi

E.     Regresi Berganda
       Satu cost driver mungkin tak cukup menjelaskan variabilitas perilaku biaya aktivitas. Dalam hal ini, penambahan variabel tambahan dlm persamaan dpt meningkatkan kemampuannya memprediksi activity cost serta memberi pemahaman ttg cara pengelolaan activity cost. Regresi berganda mrp perluasan kuadrat terkecil yg melibatkan dua/lebih variabel.
F.     Pertimbangan Manajerial
       Pemisahan biaya tetap dan variabel dapat menggunakan pertimbangan manajerial. Keunggulannya terlatak pada kemudahannya. Pertimbangan manajerial digunakan memperhatikan faktor pengalaman manajer, potensi kesalahan, pengaruh pertimbangan yang salah terhadap keputusan yg berkaitan.

ertanyaan : Apa kelemahan dan kelebihan dari setiap metode pemisahan komponen biaya variabel ke dalam komponen biaya tetap dan variabel?





PDF] Biaya Perilaku - Staf UNY Kegiatan Perilaku staff.uny Biaya / .... / Material% 20Akuntansi 20Manajemen_Per% ... File Type: PDF / Adobe Acrobat - Quick View Konsep Dasar Kegiatan Biaya Perilaku. 2. Perilaku biaya (perilaku biaya) adalah istilah untuk menggambarkan apa biaya input berubah ketika ada ... Musthika Script: Biaya Kegiatan Perilaku Kegiatan Perilaku musthika-script Biaya / ... / Perilaku-biaya-a ... Bagikan oleh barel Ayu Proborini - Lebih oleh Ayu Laras Proborini 16 Feb 2011 - Tulisan ini akan membahas perilaku biaya aktivitas, karena biaya-biaya yang diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan ... Anda telah mengunjungi halaman ini 2 kali. Kunjungan terakhir pada: 13/02/24 Sully_house: PERILAKU MANAJEMEN AKUNTANSI BIAYA ... sullyhouse Aktivitas/.../akuntansi-manajemen-perilaku- Perilaku Biaya ... 17 Nov 2010 - BIAYA KEGIATAN PERILAKU. Dasar-dasar Perilaku Biaya. Perilaku Biaya adalah istilah umum untuk menggambarkan apakah biaya berubah ... Anda telah mengunjungi halaman ini 2 kali. Kunjungan terakhir pada: 13/02/24 BIAYA KEGIATAN PERILAKU | AccOuntiNg_CenTer Kegiatan Perilaku Biaya accountingcenter / ... / Perilaku-aktivitas-fee / 28 Januari 2010 - BIAYA KEGIATAN PERILAKU. BIAYA PERILAKU MODEL DAN SUMBER DAYA. Perilaku Biaya adalah istilah umum untuk potret ... [DOC] BAB III - shiddiqnr images.shiddiqnr.multiply.multiplycontent Aktivitas/.../BAB- Perilaku Biaya ... File Type: Microsoft Word - Quick View Perilaku biaya (perilaku biaya) adalah cara di mana biaya perubahan harus dilakukan dengan menggunakan aktivitas dalam. Ini menjelaskan apakah biaya input ... biaya perilaku, aktivitas dan penggunaan sumber daya Kegiatan Perilaku Biaya refreandi / ... / Perilaku-aktivitas-fee-dan-pen ... 5 Feb 2013 - Sehubungan dengan perilaku biaya aktivitas, di mana perilaku biaya kegiatan berbasis biaya perubahan dalam aktivitas. Dalam bisnis ... dasar konsep biaya dan biaya aktivitas perilaku - akuntansi ... rangkumankite Aktivitas/.../normal-0-false-false-false-e Biaya Perilaku ... 5 Mei 2012 - Biaya adalah kas atau setara kas dikorbankan untuk barang dan mantel yang diharapkan menguntungkan saat ini atau masa depan ... Bab 3 Perilaku Biaya Kegiatan | pengabdian Untuk Negara naryo1981 Aktivitas/.../bab-3-perilaku-biaya-aktivitas Perilaku Biaya ... 19 Okt 2010 - semua materi disusun dalam blog ini, sesuai dengan sampai dengan tanggal referensi. pada 30 April 2012 jam 15:55 | Balas REmmond ... I Want You Ada: Biaya Kegiatan Perilaku Kegiatan Perilaku Biaya kaumauakuada / ... / Perilaku-biaya-aktivitas.ht ... 26 Juni 2011 - Biaya tetap adalah biaya dalam jumlah total tetap konstan dalam rentang yang relevan dari aktivitas ketika tingkat perubahan output. Biaya Perilaku Kegiatan Biaya Perilaku ml.scribd Aktivitas/doc/79971871/Perilaku-Biaya-Aktivitas 31 Januari 2012 - Biaya Etik. Tujuan Pembelajaran 1. Mendefinisikan perilaku biaya tetap, variabel, dan campuran. 2. Menjelaskan penggunaan model ... Nama: Lukman Harahap Nim: 11412144035 Prodi: Akuntansi Ini: Lanjutkan akuntansi Manajemen Perilaku aktivitas biaya A.Dasar-dasar perilaku Biaya Biaya-Biya penting dalam penyusunan laporan keuangan eksternal, laporan laba rugi dan biaya neraca.Biaya disajikan dalam laporan keuangan diatur oleh fungsi.Dalam kasus ini, semua biaya dari perusahaan yang termasuk dalam tiga kategori berikut: produksi atau manufaktur (dalam akun biaya penjualan), biaya pemasaran dan administrasi.Pengaturan cocok untuk pelaporan eksternal, pelaporan bahkan pengelompokan diwajibkan.Akan tapi fungsional tidak membantu penganggaran, kontrol, dan tujuan keputusan keputusan.Untuk bahwa kita perlu memahami perilaku biaya. Perilaku Biaya (perilaku biaya) adalah istilah umum untuk menggambarkan apakah perubahan biaya dengan keluaran.Biaya-biaya bereaksi terhadap perubahan output dengan cara.Pembahasan tentang biaya tetap, biaya variabel, dan biaya campuran akan mulai melihat kemungkinan yang paling sederhana. Biaya tetap Biaya tetap (fixed cost) adalah biaya dari berbagai jumlah keseluruhan konstantdalam tetap relevan ketika tahap output kegiatan berubah.Rentang relevan (rentang yang relevan) adalah rentang output yang asumsi hubungan biaya / output berlaku.Catan Puspa untuk biaya tetap adalah biaya tetap dapat berubah, tetapi perubahan itu tidak tergantung pada perubahan output. Variabel Biaya Biaya variabel (biaya variabel) adalah biaya yang bervariasi dalam jumlah sebanding dengan perubahan biaya variabel keluaran.Jadi naik ketika output naik dan akan turun ketika output turun. VARIABEL BIAYA TOTAL = biaya variabel / unit x jumlah unit Biaya campuran Biaya adalah biaya yang memiliki campuran komponen tetap dan variabel. BIAYA TOTAL = biaya tetap + biaya variabel jumlah B.Mengklasifikasikan Biaya Perilaku Berbasis Sekarang saatnya untuk melihat cara mengelompokkan biaya dengan perilaku secra lebih dekat lagi.Dalam menilai perilaku ada beberapa biaya yang harus dipertimbangkan adalah: kendala waktu, sumber daya yang harus diperlukan, output dari kegiatan harus diidentifikasi, Puspa, masukan dan output yang akan diukur dan efek dari perubahan output pada biaya aktivitas ditentukan. Batas waktu Penentuan biaya yang tetap atau variabel tergantung pada ekonomi waktu.Menurut pembatasan, dalam jangka panjang semua biaya jangka pendek variabel.Dalam setidaknya satu biaya adalah tetap. Sumber dan ukuran output Setiap kegiatan membutuhkan sumber daya untuk menyelesaikan tugas yang harus dilakukan, sumber daya termasuk bahan baku, energi atau bahan bakar, tenaga kerja dan modal.Masukan-input dikombinasikan untuk menghasilkan keluaran.Keluaran kegiatan adalah bahan baku yang dipindahkan. Mover Tingkat Nonuit Penggerak nunoit menjelaskan perubahan dalam tingkat biaya ketika faktor lainnya berubah.Contoh, pengaturan (setup) adalah tingkat aktivitas waktu nonuit.Setiap untuk menghentikan pabrik proses produksi suatu produk untuk satu set lini produksi untuk menghasilkan produk lain, biaya menyiapkan. C.Aktivitas, penggunaan sumber daya, dan perilaku biaya Biaya jangka pendek sering tidak cukup untuk menggambarkan seluruh biaya yang diperlukan untuk pasar desain,, pembuatan, mendistribusikan dan mendukung produk.Kapasitas adalah kemampuan aktual atau potensial untuk tampil di sebuah diskusi tentang kegiatan kapasitas sesuatu.Jadi, itu digambarkan sejumlah kegiatan untuk melakukan perusahaan. Fleksibel Sumber Daya Sumber daya yang fleksibel merupakan sumber bahan baku langsung dibeli bila diperlukan dan jumlah yang sesuai dengan daya kebutuhan.Sumber diperoleh dari pihak luar dan tidak memerlukan komitmen jangka panjang untuk membeli sejumlah sumber daya organisasi tertentu.Jadi bebas untuk hanya membeli terbatas jumlah dibutuhakan. Sumber daya terikat Sumber daya terikat sumber daya disediakan sebelum digunakan, mereka diperoleh dengan menggunakan kontrak ekspilit atau implisit untuk memperoleh sejumlah sumber, terlepas dari apakah jumlah sumber daya yang tersedia digunakan dalam tidak.Sumer penuh atau daya yang terikat untuk jangka pendek disebut diskersi biaya tetap (fixed cost descreationary), biaya tersebut terjadi karena perolehan kapasitas jangka pendek aktivitas. Perilaku Biaya bertahap (biaya langkah) Biaya langkah adalah salah satu jenis biaya tidak kontinu.Biaya secara bertahap menunjukkan tingkat konstan biaya untuk rentang output tertentu dan pada kenaikan titik tertentu dengan tingkat biaya yang lebih tinggi yang biaya tidak berubah untuk rentang output yang sama. Biaya urutan perubahan adalah kombinasi dari biaya tetap (sumber daya terikat / teknisi) dan biaya variabel (sumber daya fleksibel / peralatan). Kegiatan Harga adalah tetap terikat pada biaya total dibagi dengan jumlah kapasitas yang tersedia Teknisi tingkat aktivitas tetap terikat biaya = jumlah / nomor kapasitasyang tersedia. Tarif aktivitasteknis variabel = jumlah biaya sumber daya yang fleksibel / dengan kapasitasyang digunakan Sumber daya yang tersedia = sumber daya yang digunakan + kapasitas yang tidak terpakai Pesanan yang tersedia = + perintah terpakai perintah yang digunakan Biaya pesanan disediakan Biaya = + perintah Fee menggunakan perintah yang tidak terpakai d) Implikasi untuk kontrol dan pengambilan keputusan. Sistem pengendalian operasional mendorong manajer untuk lebih perhatian untuk mengontrol penggunaan dan pengeluaran sumber daya. Model penggunaan sumber daya oleh aktivitas juga memungkinkan manajer untuk menilai perubahan penawaran dan permintaan sumber daya yang disebabkan oleh pelaksanaan keputusan untuk membuat atau membeli paralatan, menerima atau menolak pesanan khusus, dan mempertahankan atau menghilangkan lini produk, model ini juga akan memperkuat beberapa keputusan model manajemen akuntansi tradisional. D.Metode Memisahkan Biaya Campuran Menjadi Komponen Tetap dan Variabel Biaya termasuk kategori biaya dalam campuran yang akan dipisahkan komponen tetap dan variabel.Karena catatan akuntansi hanya mengungkapkan total biaya dan penggunaan campuran biaya, jumlah biaya keseluruhan harus dipisahkan ke dalam komponen tetap dan tiga variabel.Ada metode yang digunakan untuk Biaya campuran terpisah menjadi komponen tetap dan variabel, yaitu: metode tinggi-rendah, sebar dan kecil.Setiap metode kuadrat menggunakan metode dengan asumsi hubungan linear biaya, karena linearitas kinsep perlu ditinjau kembali. Linearitas Asumsi Definisi biaya variabel mengasumsikan hubungan linear antara biaya kegiatan dan aktivitasterkait.Contoh gerak, Reddy pemanas menggunakan sepotong 3-inch pipa pada setiap pemanasan, biaya masing-masing bagian dari 3-inch adalah $ 4.Jumlah variabel biaya 3-inci bagian dapat dinyatakan sebagai berikut: jumlah biaya variabel = $ 4 x jumlah unit yang diproduksi. ketika produksi meningkat 2 kali lipat, 3-inch biaya sepotong juga naik 2 kali kata lipat.Denagan lain, biaya meningkat secara proporsional dengan jumlah unit yang diproduksi. Tinggi-Rendah Metode Tinggi-rendah metode adalah metode untuk menentukan persamaan garis lurus dengan terlebih dahulu memilih dua titik (tinggi dan rendah) yang akan digunakan untuk menghitung parameter persimpangan dan tinggi kemiringan.Titik dartikan sebagai tingkat keluran titik tertinggi dan rendah. Titik aktivitas didefinisikan sebagai titik output dan aktivitas terendah. Persamaan untuk menentukan biaya variabel per unit dan biaya tetap adalah sebagai berikut: Biaya variabel per unit = perubahan biaya / perubahan dalam output Biaya variabel per unit = (tertinggi biaya-biaya terendah) / (tinggi output low output) Dan Biaya tetap = Total biaya tinggi-point (biaya variabel per unit output x tinggi) Atau Biaya tetap = Total biaya tinggi-point (biaya variabel per unit output x tinggi) Metode scatterplot Metode scatterplot adalah metode untuk menentukan persamaan garis yang menggambarkan data dalam grafik.Langkah pertama dalam menerapkan metode ini adalah untuk menggambarkan data menunjukkan sehingga hubungan antara biaya pemasangan dan tingkat aktivitas dapat terlihat.Jadi pencar satu tujuan adalah untuk melihat apakah asumsi tidak.Grafik hubungan linear wajar atau menyebarkan dapat membantu memberikan pengetahuan tentang hubungan antara biaya dan aktivitas penggunaan. Metode kuadrat terkecil Metode kuadrat terkecil adalah mengkuadratkan setiap deviasi dan menjumlahkan semua deviasi kuadrat sebagai ukuran keseluruhan.Penguadratan kedekatan penyimpangan ini menghindari masalah yang disebabkan oleh campuran bilangan positif dan mengukur negatif.Karena kedekatan adalah jumlah deviasi kuadrat dari titik-titik dari garis, ukuran yang lebih kecil. Pendapat subyektif metode sebar jauh lebih baik daripada metode rendah.Garis tinggi lebih dekat ke titik dari garis lainnya disebut garis kesesuain terbaik (garis pas terbaik). Ada beberapa program yang dapat dibuat dalam menghitung metode kuadrat terkecil adalah: Menggunakan program regresi Keandalan formula Biaya R squared koefisien determinasi Koefisien korelasi Beberapa Regresi Mendapatkan rumus biaya terbaik adalah kadang-kadang lebih rumit daripada mengidentifikasi kegiatan aktivator dan biaya kegiatan untuk mengemudi mengregresikan ini.Hasilnya mungkin bukan rumus biaya cukup baik untuk manjerial kegunaan. Total biaya = b_0 + (b1 x x1) + (b2 x x2) + .... Dimana: b ȯ = tetap atau biaya diskon b1 = biaya variabel per unit untuk variabel independen pertama x1 = variabel independen pertama b2 = biaya variabel per unit untuk variabel independen kedua x2 = variabel independen kedua. Manajerial Penilaian Pertimbangan manajerial yang penting dalam menentukan biaya sangant perilaku, inipertimbangan manajerial adalah jauh manajer metode yang paling luas digunakan.Banya yang menggunakan pengalaman mereka dan pengamatan hubungan dari biaya masa lalu untuk menentukan biaya variabel.Metode tetap dan memiliki banyak bentuk , hanya babarapa manajer menentukan biaya kegiatan tertentu melebar ke dalam kategori tetap dan variabel lainnya, terlepas dari kemungkinan biaya campuran.Jadi sebuah perusahaan kimia dapat memperlakukan sebagai bahan baku dan biaya utilitas karena variabel yang terkait dengan jumlah bahan kimia yang diproduksi dan semua biaya-biaya lain seperti biaya tetap. Biaya adalah kas atau setara kas nilai dikorbankan untuk barang atau jasa yang diharapkan dapat memberikan manfaat saat ini atau yang akan datang bagi organisasi. Dikatakan setara kas karena non-tunai dapat ditukar dengan barang atau jasa yang diinginkan. Manajer juga perlu memahami apa yang dimaksud adalah biaya peluang dari manfaat yang diberikan atau dikorbankan ketika salah satu alternatif yang dipilih dari beberapa alternatif. Biaya benda bisa apa saja, seperti produk, pelanggan, departemen, proyek, aktivitas, dan sebagainya, yang diukur tuduhan itu dan dikenakan biaya. Ide keakuratan beban tidak dievaluasi berdasarkan biaya aktual. Akurasi adalah konsep yang relatif, dan harus dilakukan dengan metode pengisian wajar dan logis untuk digunakan. Hubungan antara biaya objek biaya dapat diekstraksi untuk membantu meningkatkan akurasi biaya pemuatan. Terkait dengan biaya, biaya yang dibebankan ke biaya tidak langsung dan biaya langsung. Lacak berarti biaya dapat diisi dengan mudah dan akurat sementara tracing adalah biaya pengisian sebenarnya untuk obyek biaya, ukuran yang dapat diamati dengan menggunakan sumber daya yang digunakan oleh objek biaya. Cari biaya untuk biaya benda dapat terjadi melalui salah satu cara: pencarian langsung, yang berarti proses mengidentifikasi dan pengisian biaya yang berkaitan secara khusus dan secara fisik objek, atau drive pencarian, yang berarti penggunaan kekuatan terhadap beban biaya, mengemudi merupakan penyebab dari sejumlah faktor yang dapat diamati dan yang mengukur konsumsi sumber daya objek biaya. Mengisi biaya tidak langsung adalah biaya-biaya yang tidak dapat dibebankan pada biaya obyek, baik secara langsung atau dengan menggunakan drive pencarian. Ini berarti bahwa tidak ada hubungan kausal antara biaya objek biaya, atau pencarian tidak dapat dilakukan secara ekonomis. Pengenaan biaya tidak langsung untuk biaya objek disebut alokasi. Ada dua jenis output: produk nyata dan jasa. Produk berwujud adalah barang yang diproduksi dengan mengubah bahan baku melalui penggunaan tenaga kerja, dan input seperti pabrik, tanah, dan mesin. Sementara layanan ini adalah tugas atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang pelanggan menggunakan produk atau fasilitas organisasi. Biaya produk adalah biaya yang mendukung tujuan manajerial yang spesifik, yang berarti biaya produk tergantung pada tujuan manajerial yang mencoba untuk mencapai. Definisi biaya produk mengilustrasikan prinsip manajemen biaya adalah fundamental, yaitu: "biaya yang berbeda untuk tujuan yang berbeda". Salah satu tujuan utama dari sistem manajemen biaya adalah perhitungan biaya produk untuk pelaporan keuangan eksternal. Untuk keperluan penghitungan biaya produk, yang berlaku menyatakan konvensi eksternal bahwa biaya dapat diklasifikasikan menurut tujuan tertentu atau fungsi yang harus dicapai. Biaya dikelompokkan dalam dua kategori fungsional utama biaya produksi yang terkait dengan pembuatan barang dan non-produksi yang berkaitan dengan fungsi R & D, pemasaran, dll. Bahan adalah bahan yang dapat langsung ditelusuri dengan barang atau jasa yang diproduksi. Biaya bahan dapat langsung dibebankan pada produk karena pengamatan fisik dapat digunakan untuk mengukur kuantitas. Tenaga kerja langsung adalah tenaga kerja yang dapat ditelusuri dengan barang atau jasa yang diproduksi. Pengamatan fisik juga dapat dilakukan dalam tenaga kerja langsung. Overhead adalah pengelompokan semua biaya di luar biaya bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung. Beban penjualan dan administrasi. Untuk pelaporan keuangan eksternal, biaya ini disebut sebagai biaya yang tidak dapat diinventarisir atau biaya yang berarti bahwa biaya yang dibebankan pada periode itu terjadi. Perdana dan biaya konversi. Biaya utama adalah jumlah bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung, sedangkan biaya konversi adalah biaya tenaga kerja langsung dan overhead. Dalam perusahaan manufaktur, biaya konversi diartikan sebagai biaya mengubah bahan baku menjadi produk akhir. Ketika mempersiapkan laporan laba rugi, biaya produksi dan penjualan dan biaya administrasi dipisahkan. Hal ini dilakukan karena biaya produksi dipandang sebagai biaya produk, dan biaya penjualan dan administrasi dipandang sebagai biaya periode. Laporan laba rugi. Pendapatan dihitung sesuai dengan klasifikasi fungsional sering disebut sebagai perhitungan penyerapan pendapatan fee menufaktur karena semua biaya dibebankan ke produk. Biaya produksi. Mencerminkan total biaya barang yang diselesaikan selama periode tersebut. Bekerja dalam proses. Terdiri dari semua unit yang telah diselesaikan sebagian dalam produksi, pada titik tertentu dalam waktu. Ikhtisar JCI biaya. JCI sistem akuntansi, biaya sumber daya dibebankan ke unit fungsional dan kemudian ke produk. Pembebanan yang digunakan dalam pencarian langsung dan drive pencarian. Ikhtisar ABM biaya. Dalam aktivitas pendanaan, biaya ditelusuri ke kegiatan dan kemudian ke produk. Seperti dengan pembiayaan berdasarkan fungsional, baik pencarian juga digunakan. Ikhtisar efisiensi [PDF] melanjutkan biaya akuntansi biaya analisis perilaku - Universitas ... file.upi.edu/Direktori/FPEB/PRODI.../BAB_3.pdf File Type: PDF / Adobe Acrobat Biaya Analisis Perilaku Bab III. 3. Dalam rentang yang terbatas kegiatan, hubungan antara aktivitas dengan biaya yang terkait bisa mendekati liniaritas ... [PDF] 1 BAB II VARIASI BEBAN PERILAKU Secara umum, Variasi Bab ... file.upi.edu / Direktori / FPEB / Prodi ... / Makalah_Jadi.pdf File Type: PDF / Adobe Acrobat Secara umum, variasi Biaya Bab Perilaku akan membahas pentingnya memahami hubungan antara kegiatan organisasi dengan biaya, pendapatan, dan ... Membaca untuk kehidupan yang lebih baik: Biaya Etik Kegiatan Perilaku Biaya nafisyamandas / ... / Perilaku-biaya-aktivitas.htm ... 27 Desember 2012 - Biaya Etik. Dasar-dasar Biaya Perilaku Perilaku Biaya (perilaku biaya) adalah istilah umum untuk menggambarkan apa biaya ... [PDF] Bab Pola Perilaku Biaya 5 Biaya Perilaku elearning.gunadarma Aktivitas/.../bab5-pola_perilaku_biaya.pdf File Type: PDF / Adobe Acrobat - Quick View bagaimana biaya itu bereaksi terhadap tingkat aktivitas perusahaan. Pemahaman tentang perilaku biaya adalah kunci untuk kemungkinan ... [DOC] PERILAKU BIAYA & Kegiatan Perilaku Biaya daryono.staff.gunadarma / ... / Bab +4 + - + + PERILAKU BI ... File Type: Microsoft Word - Quick View Bab ini bertujuan untu menguraikan berbagai properti dan menentukan bagaimana biaya polaperilaku sehubungan dengan perubahan volume kegiatan. BIAYA KEGIATAN PERILAKU - Scribd ml.scribd Biaya Kegiatan Perilaku / doc / ... / PERILAKU-BIAYA-KEGIATAN 6 Mei 2012 - BIAYA KEGIATAN PERILAKU. Dasar-dasar dari perilaku Biaya Perilaku Biaya adalah istilah umum untuk menggambarkan apakah biaya berubah ... Kegiatan Biaya perilaku - Scribd Biaya Perilaku ml.scribd Aktivitas/doc/109817728/perilaku-biaya-aktivitas 10 Desember 2012 - DEFINISI, DAN PERILAKU PROSES LOADING BIAYA. BEBAN LOADING dikenakan biaya pada produk, jasa, pelanggang, dan ... AK. MANAJEMEN: Perilaku Biaya | C4Krawa14 Akt Weblog Kegiatan Perilaku yantoumm Biaya / ... / Ak-manajemen-biaya-perilaku / 28 November 2007 - Perilaku biaya (perilaku biaya) adalah pola perubahan biaya dalam kaitannya dengan perubahan volume kegiatan atau aktivitas ... [PPT] Bab 3 Perilaku Biaya Aktivitas naryo1981.files Aktivitas/.../bab-3-perilaku-biaya-akt Biaya Perilaku ... File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Bab III. Biaya Etik. Disampaikan oleh: Sunaryo. Tujuan Pembelajaran. Mendefinisikan dan menggambarkan perilaku biaya dan menjelaskan peran ... Konsep biaya dan pola perilaku biaya Kegiatan Perilaku www.slideshare Biaya / ... / Konsep dari-biaya-dan-perilaku-pola-biay ... 6 Mar 2013 - Sistem Akuntansi Biaya Informasi; • Perilaku Biaya: bagaimana biaya akan bereaksi atau berubah dengan perubahan tingkat aktivitas ... Penelusuran yang terkait dengan perilaku aktivitas biaya Mengelola Biaya Dengan Memahami Perilaku Biaya Bagian Pola 1 ... jurnalakuntansikeuangan Aktivitas/.../mengelola-biaya-dengan- Perilaku Biaya ... 6 Desember 2012 - Dalam kalimat pendek, perilaku biaya (perilaku biaya) adalah: perubahan biaya yang timbul sebagai akibat dari perubahan kegiatan usaha ... Set Kkuh: BIAYA ANALISIS PERILAKU DAN angggaran ... Kegiatan Perilaku Biaya fitycielubis / ... / Perilaku-biaya-analisis-dan-ang ... 28 Februari 2012 - ANALISIS PERILAKU BIAYA DAN angggaran FLEKSIBEL ... oleh perubahan volume kegiatan atau aktivitas sampai batas tertentu. scient semua tentang: Lanjutkan Konsep dan Perilaku Biaya Kegiatan Biaya allaboutscients Perilaku Kegiatan Biaya / ... / CV-konsep-biaya-dan-p ... 25 Jan 2011 - Pengenaan biaya pada produk, layanan, pelanggan, dan benda-benda lain yang dari manajemen bunga adalah salah satu tujuan dasar ... [DOC] Minggu-1 Biaya Perilaku kk.mercubuana Aktivitas/files/93004-3-136619327357.doc File Type: Microsoft Word - Quick View Biaya Etik. Pengajaran Tujuan: 1. Mendefinisikan perilaku biaya tetap, biaya variabel, dan biaya semivariable. 2. Memisahkan biaya semivariable ... [PPT] materi manajemen akuntansi 3 Biaya Perilaku blog.unnes Aktivitas/lynalatifah/files/2010/03/ch03.ppt File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Output kegiatan. Biaya Perilaku. Perubahan output. Perubahan biaya input. 3 -16. Biaya Tambahan Perilaku (A biaya langkah) menampilkan ... [DOC] pertemuan 2. biaya perilaku smaniskopipahit.files Aktivitas/.../pertemuan-2-perila Biaya Perilaku ... File Type: Microsoft Word - Quick View BIAYA PERILAKU. Perilaku biaya adalah pola perubahan biaya sehubungan engan perubahan volume kegiatan atau aktivitas perusahaan (misalnya, volume ... Tesis Judul Kegiatan Biaya Perilaku | Agus Chandra Perilaku www.aguschandra Biaya Kegiatan /? s ... + + Perilaku aktivitas biaya ... estor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat keputusan alokasi sumber daya dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Perilaku Biaya Diana ml.scribd Biaya Kegiatan Perilaku / doc / ... / Perilaku-aktivitas-fee-Diana 16 Nov 2009 - BIAYA KEGIATAN PERILAKU. PENJELASAN TEORITIS Misalkan ada sebuah perusahaan baru yang berkembang pesat. Pengenaan Biaya, Cari Biaya langsung dan Drive ... Kegiatan Perilaku Biaya https://sites.google / ... Wesel / loading-Search-L ... Pengenaan Biaya, Direct Search dan Mengemudi Biaya, Perilaku Biaya, ... APLIKASI PERHITUNGAN BIAYA DENGAN PRODUK PADA KEGIATAN ... [PPT] KEGIATAN DAN PERILAKU MENGEMUDI BIAYA.ppt xa.yimg Kegiatan Perilaku Biaya / ... / KEGIATAN MENGEMUDI + + + DAN Peril ... File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Perilaku Biaya menjelaskan bagaimana biaya input dari kegiatan berubah sehubungan dengan perubahan kegiatan output. Gambar 1 menggambarkan ... Perencanaan Manajemen & Sistem Pengendalian (ed.3) Koran - Page 710 - Buku Google Hasil books.google Perilaku Biaya Kegiatan / buku? isbn = 9796914174 Mulyadi Biaya perilaku dalam kaitannya dengan kegiatan. Gambar 26.20 menggambarkan hubungan antara sumber daya (s), kegiatan, objek biaya, dan pelanggan. dasar perilaku Oye biaaya ~ HEHE Biaya Perilaku hehehoye Aktivitas/2011/04/dasar-perilaku-biaaya.html April 10, 2011 - Biaya ini timbul akibat akuisisi jangka pendek kapasitasaktivitas. 3. Biaya Tambahan Perilaku (Langkah-biaya) ... Esai dan Diskusi Pertanyaan Bab 1 Akuntansi Manajemen yastiyapang Kegiatan Perilaku Biaya / ... / Pertanyaan-esai-dan-diskusi-a ... 19 Mei 2012 - BAB III. BIAYA KEGIATAN PERILAKU. 1. Mengapa pengetahuan tentang perilaku biaya penting bagi pengambilan keputusan manajerial? File set: Biaya Perilaku Biaya Aktivitas/2011/05/perilaku-biaya.html Perilaku ezalovely 19 Mei 2011 - Memahami Perilaku Perilaku biaya Biaya adalah biaya yang akan bereaksi atau berubah dengan perubahan tingkat aktivitas bisnis. [PPT] Konsep Konsep Akuntansi Biaya dan Perilaku Biaya seribulangkah.files Aktivitas/.../1-konsep-akuntansi-bi Biaya Perilaku ... File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Biaya Konsep dan Perilaku .... sebuah perubahan total biaya dengan perubahan tingkat aktivitas atau volume yang terkait. 1-akuntansi konsep ... Contoh Kegiatan Biaya Perilaku | Episenter, Psikologi (Psychological Biaya perilaku episentrum / search / sample-perilaku-biaya-aktivitas.html Simpan File DOWNLOAD GRATIS di-orang, dapet DUIT permainan DAFTAR DISINI! Iklan. Simpan File DOWNLOAD GRATIS di-orang, dapet UANG ... Anton Agustinus: Klasifikasi Biaya untuk Perilaku Biaya dalam ... Kegiatan Perilaku agustinus21081987 Biaya / ... / Klasifikasi-biaya-to ... 6 Jun 2010 - Klasifikasi Biaya untuk Perilaku Biaya dalam Kaitannya dengan ... perubahan dalam proporsi perubahan tingkat aktivitas. [PPT] (1) Biaya Perilaku Biaya Perilaku repository.binus Aktivitas/content/J0274/J027487122.ppt File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Model Perilaku Kegiatan Biaya. Input: Bahan Baku. Energi. Buruh. Modal.Perilaku biaya. Kegiatan. Output dari Kegiatan. Biaya Input Perubahan ... Biaya Perilaku Kegiatan Biaya Perilaku ml.scribd Aktivitas/doc/95218758/Perilaku-Biaya-Aktivitas 29 Mei 2012 - Tulisan ini akan membahas perilaku biaya aktivitas, karena biaya-biaya yang diperlukan untuk menyiapkan laporan keuangan ... Jhonyson: Perilaku Biaya Kegiatan Perilaku Biaya jhonykalau / ... / Perilaku biaya.html oleh putra jhony - dalam 23 lingkaran Google+ - Lain-lain oleh putra jhony 16 Maret 2012 - Perilaku biaya merupakan faktor yang sangat penting dalam menilai ..... • Hitung perbedaan antara jumlah aktivitas dan selisih biaya titik dua-... Penelusuran yang terkait dengan perilaku aktivitas biaya MENGEMUDI BIAYA KEGIATAN DAN PERILAKU ebook gratis ppt ... ebookbrowse Aktivitas/pendorong-kegiatan-dan-perilaku-biaya- Perilaku Biaya ... Unduh MENGEMUDI BIAYA KEGIATAN DAN PERILAKU dokumen pdf dari xa.yimg Kegiatan Perilaku Biaya di EbookBrowse @. University of paradise jayapura: PERILAKU BIAYA (COST ... Kegiatan Perilaku uncen2 Biaya / ... / Perilaku-biaya-biaya-behavior.htmlBagikan 11 Desember 2012 - Definisi biaya adalah pola perubahan perilaku dalam kaitannya dengan biaya aktivitas atau volume kegiatan denganperubahan ... Jurnal Perilaku Biaya Produksi Dalam Manufaktur Atau ... Kegiatan id.pdfsb Biaya Perilaku / jurnal + + + perilaku biaya + + di kegiatan produ ... Unduh Jurnal Kegiatan Biaya Perilaku Dalam Produksi Manufaktur Atau dalam format PDF secara gratis. Semua buku terkait online di Biaya Kegiatan PDFSB Perilaku. Makalah Perilaku Biaya Html Html Html Html - Episenter ... Biaya dari Perilaku episentrum / ... / Makalah-perilaku-aktivitas-fee-html-ht ... Makalah Perilaku Biaya Html Html Html Html | Episenter, Psikologi (Psychological Assessment & Konseling) ... Artikel tentang Sikap Terhadap Biaya Satu ... Biaya dari Perilaku episentrum / ... / Artikel-tentang-perilaku-aktivitas-fee-t ... Artikel tentang Sikap Terhadap Biaya Perusahaan A Html | Episenter, Psikologi (Psychological Assessment & Konseling) ... mulyadi: perilaku biaya eleks-mulyadi Aktivitas/2009/12/perilaku-biaya.html Biaya Perilaku 28 Des 2009 - Biaya Perilaku: bagaimana biaya akan bereaksi atau berubah dengan perubahan tingkat aktivitas bisnis. Kegiatan usaha ... akmen-akuntansi: BIAYA PERILAKU Melakukan Biaya-akuntansi akmen Aktivitas/2011/09/perilaku-biaya.html September 20, 2011 - PERILAKU BIAYA. A. Kegiatan usaha. Dalam hal harta kegiatan usaha diketahui, Hutang, Ekuitas, Biaya Pendapatan, Beban dan Laba. cinta akan kebijaksanaan: konsep dasar dan perilaku biaya Kegiatan Perilaku Biaya philosopie / ... / Basic-konsep-dan-perilaku-biaya ... 9 Februari 2012 - Hari ini aktivitas merupakan objek biaya yang penting. Kegiatan ... Perilaku biaya dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu: 1. Tetap Biaya ... Kertas Biaya Perilaku Kegiatan ml.scribd Biaya Kegiatan Perilaku / doc / ... / Kertas-Perilaku-Biaya-Kegiatan 21 Agustus 2012 - BAB 3 PERILAKU BIAYA BEBAN DAN MODEL PERILAKU KEGIATAN SUMBER perilaku biaya adalah istilah umum untuk ... Biaya Perilaku Kegiatan www.ilmufisioterapi.info / search / perilaku-aktivitas-fee Anda mencari informasi tentang perilaku biaya aktivitas? Baca artikel selengkapnya tentang perilaku biaya kegiatan dan berita yang berhubungan dengan ... [PPT] Biaya Analisis Perilaku endang.staff.umm Aktivitas/.../ANALISIS-PERILAKU-BIAYA5 Biaya Perilaku ... File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Klasifikasi berdasarkan biaya perilaku biaya: 1. Tetap Biaya (biaya tetap). biaya yang tidak berubah dalam total dalam hubungan dengan beberapa kegiatan ... Ayum ManiezZz: oh Hansen Mowen Biaya Perilaku nengrumz Aktivitas/2012/03/hansen-oh-mowen.html 19 Maret 2012 - Biaya Etik. Dasar-dasar Perilaku Biaya. Perilaku Biaya adalah istilah umum untuk menggambarkan apakah perubahan biaya lebih dari ... klasifikasi analisis dan perhitungan perilaku biaya ... - Prezi Kegiatan Perilaku Biaya Prezi / ... / Analisis-klasifikasi-dan-perhitungan-perilaku-bi ... 2 Oktober 2012 - Perilaku Biaya Tetap Variabel semivariabel Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah ketika perubahan bisnis kegiatan total. Biaya ... Copy ANALISIS KLASIFIKASI dan PERHITUNGAN PERILAKU ... Kegiatan Perilaku Biaya Prezi / ... / Copy-of-analisis-klasifikasi-dan-perhitungan-pe ... 18 Februari 2013 - ... keseluruhan bertanggung jawab atas hubungan dengan kegiatan usaha 2. ketidakmampuan untuk mengklasifikasikan dan menjelaskan perilaku biaya ... [PPT] KONSEPTUAL KERANGKA ACARA AN ... xa.yimg Kegiatan Biaya Perilaku / kq / kelompok / ... / Nama / ACT + + MAN BERBASIS .. pdf File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Untuk memahami perilaku biaya dari kegiatan ini adalah penting untuk .... Bentuk lain dari driver biaya adalah biaya proses, biaya kegiatan, sumber. [PPT] AK210-091054-717-2.pptx Biaya Perilaku www.mdp Aktivitas/materi/2011.../AK210-091054-717-2.pptx File Type: Microsoft Powerpoint - Quick View Biaya Analisis Perilaku. Bab 3. Biaya Klasifikasi. Tetap Biaya.  bahwa total biaya tidak berubah ketika kegiatan usaha meningkat atau menurun. Aktivasi Perilaku Biaya - Free PDF download freedownload.is / pdf / perilaku-aktivitas-fee Download file pdf dan dokumen tentang Biaya Kegiatan Perilaku atau melihat file sebelum men-download. Contoh Makalah Perilaku Biaya Kegiatan | Episenter, Psikologi ... Biaya dari Perilaku episentrum / ... / Sample-makalah-perilaku-aktivitas-biaya ... Peringatan: file_exists () mengharapkan parameter 1 menjadi string path, berlaku diberikan dalam ... [PDF] MANAJEMEN BIAYA - File UPI Direktori file.upi.edu / Direktori / FPEB / Prodi ... / Man_biaya.pdf File Type: PDF / Adobe Acrobat Periodik biaya. Memprediksi Perilaku. Untuk biaya. Menanggapi Perubahan. Kegiatan. 1. Variabel biaya. 2. Tetap Biaya. Menentukan Biaya untuk Obyek Biaya ... BIAYA DASAR PERILAKU | heheoye [DOC] 5. 1. [PDF] [PDF] ... ? akuntansi. [DOC] [PDF] [PDF] pdf 3. [DOC] .. ... ...

2 comments:

  1. And also the back-lit Liquid crystal display, this specific cookware may be easy to
    begin with equipped with, while you might normally cannot stand consumer electronics in addition
    , goods. A particular merchandise require
    fit with the duration of these serving, pushing over the edges furthermore.
    Generally really need to farrenheit only real pair
    treats we were able to use a toaster oven.

    My web site ... toaster griller oven

    ReplyDelete
  2. Thanks ya, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena artikel sangat membantu saya dalam memahami materi tentang Prilaku Biaya Aktivitas. Kunjungi juga ya MAPPING PRILAKU BIAYA AKTIVITAS

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar anda...